Pilih Laman
Ide Classik Mahasiswa Untar Juarai Metaversitas

27 Oktober 2022

Oleh: Admin Pusat

Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Untar Carlene Lim dan Aurellia Clearesta Sumarlie berhasil meraih juara pertama kompetisi Merdeka Belajar di Metaversitas. Kompetisi yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti Ristek) Kemendikbud Ristek ini diikuti berbagai perguruan tinggi di Indonesia di antaranya Universitas Gadjah Mada, ITS, ITB, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Pengumuman pemenang disampaikan pada Kamis (27/10) di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta setelah melalui tahap-tahap proses penyisihan yang dimulai sejak 16 Oktober 2022.

Mereka berhasil menjuarai lomba dalam kategori karya tulis/gagasan melalui ide produk ciptaan yang diberi nama “Classik: Kelas Asik”. Posisi kedua dan ketiga diraih mahasiswa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai dan ITS.

Carlene mengatakan ide Classik sendiri merupakan peleburan dari pembelajaran program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) dan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) yang diselenggarakan Kemendikbud Ristek sehingga dapat diakses melalui smartphone, desktop, serta VR dengan konsep metamesta dan dilengkapi dengan konsep gamifikasi.

“Karakter yang digunakan di Classik merepresentasikan suku, budaya dan adat dari seluruh Indonesia,” tambah mahasiswi Program Studi Sistem Informasi angkatan 2019 tersebut.

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Dikti Ristek diwakili Plt. Sekretaris Ditjen Dikti Ristek Tjitjik Srie Tjahjandarie yang dikutip melalui website Dikti menyampaikan metaversitas merupakan platform transformasi lompatan pendidikan tinggi di masa depan dengan mengusung konsep pembelajaran yang fleksibel, serta membentuk jejaring antarperguruan tinggi di Indonesia.

Tjitjik mengucapkan selamat kepada pemenang sekaligus berpesan kepada peserta agar karya yang dikompetisikan dapat terus dikembangkan.

Metaversitas sendiri adalah kegiatan dalam rangka, mengembangkan metode pembelajaran berbasis teknologi metaverse bagi perguruan tinggi di Indonesia, dan untuk mencari talenta terbaik yang dimiliki anak bangsa.

-SS/JS-

-AW-