Pilih Laman
Tata Cara Penilaian Formulir Aplikasi Insinyur Profesional (FAIP)

27 Juli 2022

Oleh: Admin Pusat

Program sertifikasi insinyur professional (SIP) merupakan salah satu bentuk layanan bagi anggota Persatuan Insinyur Indonesia (PII) untuk mendapatkan Sertifikat Insinyur Profesional, yang terbagi menjadi 3 (tiga) level yaitu: Insinyur Profesional Pratama (IPP), Insinyur Profesional Madya (IPM) dan Insinyur Profesional Utama (IPU). Anggota PII yang akan mengikuti Program SIP wajib memahami bagaimana cara pengisian Formulir Apikasi Insinyur Profesional (FAIP).

Hal penting untuk dipahami oleh anggota terkait dengan sistem sertifikasi dan tata caranya, sehingga dapat memperoleh skor yang maksimal dari pengalaman kegiatan keinsinyuran kandidat. Penilaian FAIP hanya dapat dilakukan oelh Majelis Uji Kompetensi (MUK) yang telah dilatih dan ditetapkan sebagai anggota MUK masing-masing Badan Kejuruan (BK).

Rektor Universitas Tarumanagara Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., IPU., ASEAN Eng., yang juga merupakan Ketua Umum Badan Kejuruan Mesin (BKM PII) sekaligus sebagai anggota Majelis Uji Kompetensi, diundang menjadi narasumber untuk dalam Lokakarya Calon Anggota MUK, Rabu (27/7)

Dalam kesempatan ini, dijelaskan bagaimana sistem SIP, Tata Cara Pengisian FAIP dan bagaimana melakukan penilaian FAIP dengan baik dan benar. Kegiatan ini diikuti oleh Calon anggota MUK BK PII yang akan bertugas menjadi anggota MUK. Penilaian terhadap FAIP dilakukan dengan memberi nilai pada semua kegiatan (aktivitas) keinsinyuran yang pernah dilaksanakan oleh kandidat IP.

                                                                                                                                                                                                                                                                               Kegiatan tersebut harus sesuai dengan uraian kegiatan dalam Bakuan Kompetensi. Prof. Agustinus menekankan pentingnya mengisi semua Elemen Kompetensi Wajib yang terdiri Wajib 1, 2, 3, 4 dan Elemen Kompetensi Pilihan sebagai bidang keahlian kandidat sebagai 2 Pilihan. (API). (JS/AW)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week