Pilih Laman
Mengulik Perkembangan Bisnis di Era Metaverse bagi Generasi Muda

27 Mei 2022

Oleh: Admin Pusat

Bertajuk “Entrepreneurship Opportunity in Metaverse (EUPHORIC METAVERSE)”, mahasiswa/i Fikom Untar kelas A angkatan 2020 menyelenggarakan rangkaian lomba dan workshop dalam menyambut perkembangan teknologi di era digital yang bergerak dengan semakin pesat. Kegiatan ini dilaksanakan melalui platform Zoom pada hari Jumat, 20 Mei 2022 dengan tujuan untuk memberikan pengalaman baru dan berbeda bagi para peserta tentang dunia Metaverse.

Ketua Pelaksana, Fiola Teguh, membuka acara dengan menyambut dosen dan para peserta yang hadir dalam acara tersebut. Melalui kata sambutannya, ia menyampaikan harapan agar acara hari ini dapat memberikan ilmu yang baru dan menjawab rasa ingin tahu para peserta mengenai dunia Metaverse. Ia berkata, “Untuk seluruh peserta, jangan ragu untuk bertanya di setiap sesi yang ada karena hari ini adalah kesempatan bagi kita semua untuk belajar dari narasumber yang profesional.”

Dilanjutkan oleh kata sambutan dari Wakil Dekan Fikom Untar, Yugih Setyanto S.Sos., M.Si, beliau menyambut para narasumber, panitia dan peserta yang hadir dalam acara ini. Ia juga memberikan apresiasi kepada para panitia penyelenggara karena topik Metaverse dianggap sangat menarik dan banyak hal yang bisa didiskusikan sehingga dapat menjadi suatu wawasan baru bagi para peserta.

Setelah itu acara ini dilanjutkan dengan 3 sesi talkshow yang menghadirkan Andes Rizky (Founder and Managing Director of Shinta VR) sebagai narasumber pertamaDalam sesinya, ia memperkenalkan seputar dunia Metaverse dan berbagai media pendukung seperti Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) untuk mengakses teknologi Metaverse kepada para peserta.

Pada sesi kedua, acara ini menghadirkan narasumber Senja Lazuardy (Chief Technology Officer of WIR Group). Melalui kesempatan ini, ia menyampaikan berbagai peluang bisnis di dalam perkembangan teknologi Metaverse, baik di masa kini dan masa yang akan datang. Di sesi terakhir, Dr. Firman Kurniawan (Pemerhati Budaya dan Komunikasi Digital) juga turut menjelaskan beberapa teori yang terkait dengan Metaverse.

Untuk menutup acara “Euphoric Metaverse”, Serena Emerald dan Sanny Clarista selaku pemandu dalam acara ini mengumumkan 4 pemenang lomba podcast Metaverse dari berbagai sekolah di Jabodetabek. Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh peserta dapat memetik pembelajaran baru yang dapat kian menumbuhkan diri mereka. (VY)