Pilih Laman
Bupati Manggarai Barat: Untar Hadir Memberi Solusi

8 April 2022

Oleh: Admin Pusat

image_pdf

Sebagai kawasan destinasi wisata super premium yang memiliki potensi alam dan budaya sangat indah, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi menilai masih banyak sektor yang perlu ditingkatkan salah satunya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi hal penting. “Kunci dari pariwisata ialah bagaimana menjamin kenyamanan tamu, maka SDM yang mendukung pelayanan publik perlu ditingkatkan. Oleh karenanya kami senang atas kehadiran Untar yang akan membantu menyelesaikan permasalahan di kabupaten ini, misalnya terkait kesehatan masyarakat, penataan kawasan, pusat pelayanan publik, dan pengembangan usaha mikro menengah dan kecil (UMKM), serta lainnya,” ujarnya dalam penandatangan MoU antara Untar dan Kabupaten Manggarai Barat pada Jumat, (8/4) di kantor Bupati.

Dalam kesempatan yang sama, beliau menyampaikan bahwa Labuan Bajo sedang berkembang sehingga memerlukan desain tata kota sejak awal yang didukung peraturan pemerintah. Kehadiran Untar di Manggarai Barat-Labuan Bajo diharapkan dapat mewujudkan rencana ini.

Menanggapi hal tersebut Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, I.P.U., ASEAN Eng. menyampaikan bahwa kemampuan dan kompetensi yang dimiliki Untar dari 8 Fakultas dengan 30 Program Studi, dapat memberikan manfaat lebih besar kepada masyarakat Manggarai Barat.   Para dosen dan mahasiswa dapat bekerja sama memberikan layanan untuk pengembangan daerah di Indonesia, khususnya Kabupaten Manggarai. Hal ini merupakan bentuk kontribusi nyata Untar untuk Indonesia yang telah dideklarasikan sejak Dies Natalis ke-60 beberapa tahun lalu. Menurutnya, sebagai destinasi wisata super premium yang memasarkan jasa pelayanan, maka Kabupaten Manggarai Barat (Labuan Bajo) dapat bekerjasama dengan lembaga pendidikan tinggi untuk bersama-sama membangun daerah serta meningkatkan kualitas SDM. Hal ini dapat diwujudkan antara lain melalui riset yang dihasilkan dan kepakaran yang dimiliki Untar.

Senada dengan Bupati, Rektor juga menyampaikan bahwa pariwisata tanpa pengelolaan kawasan yang baik,  tidak akan maksimal. “Sebagai tujuan wisata super premium tentu perlu memberikan pelayanan yang terbaiknya, terlebih wisatawan yang berkunjung saat ini tidak saja dari negara sendiri tapi juga mancanegara. Apabila wisatawan merasa puas, maka secara tidak langsung akan mendorong perekonomian Manggarai Barat. Keterlibatan masyarakat dalam perekonomian dinilai penting karena pariwisata jika tidak disupport SDM yang memadai,  akan menimbulkan permasalahan.”

Melalui pelaksanaan perjanjian kerjasama ini, Bupati Edistasius Endi pun mengatakan bahwa dengan berbagai fakultas yang ada, pemda akan mendorong para lulusan SMA-nya untuk melanjutkan studi di Untar, sesuai dengan peminatan serta kebutuhan pembangunan di Kabupaten Manggarai Barat. Hal ini pun ditanggapi secara positif oleh Rektor Untar dengan menyanggupi untuk memberikan peluang mendapatkan beasiswa bagi calon mahasiswa dari Manggarai Barat.

Hadir bersama rombongan Untar, Ketua Asparnas (Asosiasi Pariwisata Nasional) Dr. Ngadiman yang juga merupakan dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untar, Kepala Kantor Kerjasama dan Hubungan Internasional Dr. Hugeng, dan Ka. Kantor Humas Dra. Paula Tjatoerwidya Anggarina, M.M. -JS-

-JS-

8 April 2022, KS, PKM.


Berita terbaru

Agenda

4 Juli Wisuda ke-77
25 Juni ICMIEE
24 Juni ICMIEE
3 Juni Untar Entrepreneurship Day
3 Juni Untar Entrepreneurship Day