Pilih Laman
Kegiatan PKM Pendampingan Anak Sesuai Perkembangannya

18 Februari 2022

Oleh: Admin Pusat

image_pdf

Tumbuh kembang anak, tentu membutuhkan pendampingan orang tuanya. Terlebih jika anak mulai memasuki masa remaja yang cenderung lebih sensitif. Sadar akan pentingnya hal ini, SMP Tarakanita 2 kembali melanjutkan rangkaian kegiatan parenting dengan mengundang Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, I.P.U., ASEAN Eng. sebagai narasumber untuk membantu orang tua agar dapat mendampingi perkembangan anaknya dengan baik, yang dilakukan secara daring, pada Jumat (18/2).

Dalam kesempatan ini Rektor Untar memaparkan 3 hal pokok untuk bisa menerjemahkan apa yang ingin dihasilkan dari sebuah pendidikan baik formal maupun non-formal yaitu skill, knowledge dan attitude. “Sedari dini, anak perlu diajarkan hal-hal kecil seperti untuk bersyukur dan berterima kasih. Orang tua  perlu mengubah pola pikir dan cara pandang terhadap suatu persoalan yang dihadapi. Selain mendampingi anak layaknya sahabat, orang tua juga perlu mengajarkan anak untuk berpikir beyond.”

Beliau juga mengingatkan bahwa orang tua perlu mengendalikan emosinya kepada anak, “Anak-anak kita ini adalah masa depan kita, tidak mudah memang untuk tidak marah terhadap anak. Buatlah kesadaran bahwa anak itu titipan Tuhan, marah itu boleh tapi setiap kemarahan itu ada batasannya karena yang kita marahi itu juga individu yang memiliki kehendak bebas. Yang terpenting untuk dilakukan orang tua adalah mengingatkan dan mengarahkan hal yang baik terhadap putra-putri kita, namun ingat ketika marah harus ada alasan yang dapat dijelaskan nantinya.” -SA-

-JS-

18 Februari 2022, PKM, KS.

Berita terbaru

Agenda

4 Juli Wisuda ke-77
25 Juni ICMIEE
24 Juni ICMIEE
3 Juni Untar Entrepreneurship Day
3 Juni Untar Entrepreneurship Day