Pilih Laman
Penggunaan dan Kontribusi Beton Masa Depan

17 Februari 2022

Oleh: Admin Pusat

Daniel Christianto berhasil mempertahankan disertasinya dan meraih gelar Doktor Teknik Sipil Untar dalam Ujian Disertasi Terbuka (Promosi) Doktor Teknik Sipil, pada Kamis (17/2).
Daniel mempresentasikan disertasinya yang berjudul “Perilaku Geser Balok Reactive Powder Concrete Tanpa Tulangan Transversal” yang menyampaikan bahwa penggunaan material dalam pembuatan beton akan berubah seiring bertambah modernnya zaman. Hal tersebut dibuktikan dengan pembuatan beton Reactive Powder Concrete (RPC) tidak perlu memerlukan kerikil kasar sebagai salah satu bahan utamanya.

Melalui disertasi ini, disimpulkan bahwa penggunaan beton RPC memiliki pengaruh yang signifikan. Kontribusi luas tulangan longitudinal berkontribusi terhadap kuat geser untuk beton RPC. “Hal ini ditunjukan dengan nilai rasio kuat geser yang berada di bawah dua pada saat rasio tulangan longitudinal minimum daan meningkat seiring dengan peningkatan rasio tulangan longitudinal,” jelasnya.
Setelah menyelesaikan studi selama 10 semester, Dr. Daniel Christianto dinyatakan lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.93 dan predikat sangat memuaskan.

Prof. Ir. Chaidir Anwar Makarim, M.SE., Ph.D. selaku Promotor Utama berpesan kepada Doktor ke-54 dari Program Studi Doktor Teknik Sipil, Fakultas Teknik Untar ini untuk selalu menjadi pribadi yang rendah hati dan berhati-hati dalam menyampaikan pendapat, serta terus berkontribusi dalam bidang teknik di Indonesia serta menjaga nama baik almamater. -AS-

-JS-

17 Februari 2022, LIT, KS, PKM.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar