Pilih Laman
Belajar Relasi Media, Bekal Masa Depan menjadi Humas

27 Oktober 2021

Oleh: Admin Pusat

5

Relasi Media adalah kegiatan menjalin relasi dengan media massa, wartawan atau pers yang bertujuan untuk menjalin kerja sama dan hubungan baik yang dilakukan oleh suatu organisasi. Seorang Humas wajib tahu dan mendalami tentang Relasi Media. Memiliki pemahaman akan hal tersebut, PRO Fikom Untar melaksanakan PRO’s Day Online 1 dengan tema “Relasi Media: Relevansi Kaum Muda terhadap Komunikasi Media Penyiaran” pada Selasa, 26 Oktober 2021 melalui aplikasi Zoom.

“Humas mungkin akan terus bertahan dan mengalami banyak transformasi. Kita harus beradapatasi dengan keadaan. Dengan adanya kegiatan bersama Trans TV, kita belajar bagaimana Humas bisa beradapatasi di tengah perubahan yang begitu cepat ini,” ucap Yugih Setyanto, S.Sos., M.Si., Wakil Dekan Fikom Untar.

Kegiatan ini menghadirkan A. Hadiansyah Lubis yang merupakan VP Public Relations Trans TV. Selama kegiatan ini berlangsung, para peserta belajar banyak tentang peran Public Relations di tengah pandemi, dampak media sosial, bagaimana cara seorang Humas menghadapi krisis, alur produksi program televisi, dan lainnya.

“Di tengah kondisi seperti pandemi ini, kita harus bisa beradapatasi, bisa survive, supaya kita bisa tetap eksis dan peran kita semua bisa dapat memberi informasi dan sharing mengenai kreativitas kepada masyarakat,” ucap Hadiansyah Lubis.

Sebagai seorang Humas, alur produksi program perlu diketahui. Widiarto Adi berkata, “Untuk melakukan suatu produksi program, hal pertama yang dapat dilakukan adalah melakukan research. Research yang dilakukan tidak simple, namun harus detail. Lemahnya di mana? Tim produksi harus melakukan riset dan membuat program sesuai dengan hasil riset. Setelah itu, ada pembentukan ide dan gagasan secara detail, pembuatan naskah, barulah dibuat program.”

Seiring dengan berakhirnya acara ini, diharapkan bahwa setiap peserta mendapatkan bekal baru terutama terkait Relasi Media. Bekal ini menjadi amunisi bagi para peserta untuk menjalani hari ke depan, ketika kelak memasuki dunia pekerjaan. (VY)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week