Pilih Laman
Introvert Bisa Survive di Studi Komunikasi?

6 September 2021

Oleh: Admin Pusat

Apakah Ilmu Komunikasi hanya untuk orang-orang extrovert yang senang bergaul? Bagaimana dengan seorang introvert yang ingin menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Komunikasi? Introvert seringkali diremehkan karena sikapnya yang cenderung pendiam. Namun, tidak menutup kemungkinan jika seorang introvert ingin belajar dan survive di Fakultas lmu Komunikasi. Berikut tipsnya!

Tetap Menjadi Diri Sendiri

Terkadang, seorang introvert berpikir untuk bersikap seperti seorang extrovert yang sering bergaul dan bekerja berkelompok. Padahal, menjadi diri sendiri adalah jalan yang terbaik. Tidak apa-apa bila agak canggung pada awalnya, cukup kelola rasa canggung tersebut dan tenang saja karena pastinya bukan hanya kamu yang introvert, lho!

Mau Beradaptasi 

Mulailah berkenalan dengan beberapa teman sekelas, kakak atau adik tingkat, dan dosen. Hal tersebut merupakan langkah awal yang akan memberi banyak keuntungan, salah satunya seperti mengetahui banyak informasi seputar kampus ataupun luar kampus.

Mengikuti Organisasi Mahasiswa

Meskipun sulit bagi seorang introvert untuk bertemu dengan banyak orang, masuk ke dalam organisasi mahasiswa dapat membuatmu bersosialisasi dengan banyak teman, mengasah skill kamu, dan tidak menjadikan skill kamu terbuang sia-sia.

Tidak hanya tips di atas, Fikom Untar juga memiliki  beberapa mata kuliah yang bisa memberi semangat dan kesempatan untuk mengasah kemampuan komunikasi bagi seorang introvert seperti membuat sebuah talkshow, public speaking, presentasi, dan masih banyak lainnya. Seorang introvert pasti bisa survive dan mencapai cita-cita di dunia komunikasi. (VY)

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar