Pilih Laman
Ragam Prospek Kerja Public Relations yang Menjanjikan

19 Agustus 2021

Oleh: Admin Pusat

Fikom Untar memiliki tiga peminatan, yaitu Public Relations, Advertising, dan Jurnalistik. Salah satu peminatan yang paling banyak digandrungi oleh mahasiswa Fikom Untar adalah Public Relations atau Hubungan Masyarakat.

Public relations adalah program studi ilmu komunikasi yang mempelajari bagaimana membentuk serta memelihara citra suatu organisasi atau perusahaan di tengah masyarakat. Peminatan public relations memiliki prospek kerja yang menjanjikan seperti:

Hubungan Masyarakat (Humas)

Humas adalah divisi yang bertanggung jawab untuk mengelola hubungan dan komunikasi antara perusahaan dengan orang-orang di luar serta di dalam perusahaan seperti masyarakat, pemerintah, karyawan, dan stakeholders lainnya. Seorang Humas juga harus dapat menjaga agar perusahaan dapat meraih simpati dan kepercayaan masyarakat.

Event Organizer (EO)

Seorang event organizer  bertugas untuk mengurus  hal-hal yang berkaitan dengan acara seperti klien, vendor, hingga mengurusi tamu yang hadir pada suatu acara yang akan diselenggarakan.  Selain itu, EO juga akan lebih banyak berkomunikasi dan berelasi dengan banyak orang.

Master of Ceremony (MC)

Master of Ceremony adalah seseorang yang bertugas untuk memandu suatu acara dan bertanggung jawab atas kelancaran dan suksesnya sebuah acara seperti pertunjukan, hiburan, pernikahan, pelantikan, dan lainnya.

Juru Bicara (Jubir)

Juru Bicara adalah seseorang yang bertugas untuk menyampaikan keterangan resmi kepada masyarakat luas. Juru bicara juga memiliki peranan penting untuk mewakili lembaga yang mempercayakannya dalam konferensi pers.

Tidak hanya prospek kerja tersebut yang menjanjikan, masih ada banyak profesi lainnya yang dapat kamu ditekuni sebagai lulusan peminatan Public Relations. Tertarik untuk belajar Public Relations?  (VY)