Pilih Laman
Radio Republik Indonesia bersama Untar, Membumikan Pancasila

6 Agustus 2021

Oleh: Humas UNTAR

Radio Republik Indonesia (RRI) mengundang para generasi muda dalam hal ini perwakilan mahasiswa dari Untar, Universitas Al Azhar Indonesia, Universitas Esa Unggul dan Universitas Indonesia untuk menyampaikan aspirasi terhadap implementasi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, bersama narasumber Kepala Subdirektorat Sosialisasi BPIP Hotrun Siregar dan Kasubdit Nonformal Penyelenggaraan Diklat BPIP Mahnan Marbawi dalam acara “Dialog Virtual Suara Mahasiswa Membumikan Pancasila” diselenggarakan pada Jumat (6/8) secara daring.

Dilatarbelakangi dengan adanya berbagai isu yang menjadi asumsi publik akhir-akhir ini dengan munculnya paham-paham radikalisme yang memberi serangan terhadap Ideologi Pancasila, RRI mengajak generasi milenial, khususnya di era digital untuk turut memberikan dampak besar bagi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Michael Adrian perwakilan Mahasiswa FH Untar menyampaikan pendapatnya bahwa Pancasila adalah dasar dan filsafat negara yang mengikuti UUD 45 sebagai sumber segala hukum. Pada akhirnya, pandangan bangsa tersebut membentuk jati diri dan ideologi negara. Seringkali perpecahan muncul karena kurangnya pemahaman pada setiap nilai-nilai pancasila yang ada.

Kepala Subdirektorat Sosialisasi BPIP Hotrun Siregar menyampaikan, ”Pancasila merupakan dasar negara dan bangsa yang dikenalkan oleh Bung Karno. Adanya globalisasi menjadi  tantangan bagi bangsa untuk menyaring setiap ideologi yang masuk mempengaruhi para generasi muda. Mahasiswa sebagai salah satu unsur penjaga nilai-nilai pancasila harus terus memberikan masukan agar pancasila menjadi implementatif dalam berbangsa dan bernegara.

Dan dipertegas kembali oleh Kasubdit Nonformal Penyelenggaraan Diklat BPIP Mahnan Marbawi yang menambahkan bahwa Pancasila merupakan urusan bersama bukan hanya pemerintah saja, dan setiap mahasiswa merupakan harapan besar untuk penguat ideologi pancasila. Ideologi pancasila ditentukan oleh kelas menengah (mahasiswa) dan perlu diperhatikan kesinambungannya lebih lanjut dengan generasi milenial saat ini. -SS-

-JS-

6 Agustus 2021, KS, PKM.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar