Pilih Laman
Sudah Siap Kuliah Online, Teman-teman Mahasiswa Baru? Berikut Tipsnya!

30 Juli 2021

Oleh: Admin Pusat

Masa perkuliahan sangat berbeda dengan bangku SMA, ditambah lagi dengan pandemi yang masih mengharuskan mahasiswa untuk kuliah secara daring atau online. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat mahasiswa untuk tetap berkuliah secara efektif. Berikut adalah 5 tips kuliah online untuk mahasiswa baru.

Pastikan Koneksi Internet Lancar

Gangguan koneksi dapat menghambat mahasiswa untuk memahami materi perkuliahan dengan baik. Maka dari itu, pastikan koneksi internet lancar sebelum mengikuti kuliah online.

Menyimpan Jadwal Kuliah dengan Baik

Sebagai mahasiswa baru, mencatat jadwal kuliah menjadi prioritas untuk dapat fokus saat mengikuti kuliah. Mulailah mencatat jadwal kuliah selama satu semester ke depan dengan rapi.

Cari Tempat Belajar yang Nyaman di Rumah

Untuk menghidari kesulitan dalam berkonsentrasi karena harus terus menerus berada di depan laptop, carilah ruangan di rumah yang nyaman seperti kamar atau ruang tamu untuk menjaga konsentrasi mahasiswa selama perkuliahan.

Mencatat Materi Perkuliahan

Meskipun hanya berada di depan laptop, mahasiswa harus menyimak materi perkuliahan dan mencatat poin-poin penting yang diajarkan oleh dosen agar semakin mengerti dan bisa melewati perkuliahan setiap semester dengan baik. Menulis membantumu untuk lebih fokus dan mengingat materinya loh!

Jangan Menunda Tugas Berlarut-larut

Kuliah online memang terkesan santai, namun mahasiswa sebaiknya tidak menunda tugas yang telah diberikan. Jika penundaan dilakukan secara berlarut-larut, maka otomatis pekerjaan akan semakin menumpuk jika tugas satu mata kuliah beririsan dengan pelajaran yang lainnya.

Itulah 5 tips kuliah online untuk mahasiswa baru! Kamu sudah siap kuliah online belum? (VY)