Pilih Laman
Insinyur Dukung Rancang Peralatan Medis di Era Covid-19

22 Juli 2021

Oleh: Humas UNTAR

Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 sangat berdampak bagi kehidupan masyarakat, namun setiap aspek kehidupan harus terus berjalan. Disisi lain, pandemi ini membuka pentingnya peran insinyur dalam mendukung para dokter, sehingga keduanya dapat menjadi pilar utama dalam melawan pandemi. Kolaborasi para insinyur dan para dokter merupakan syarat mutlak bagi kemandirian industri kesehatan nasional.

Peduli akan pengembangan pembelajaran dan wawasan peran insinyur di masa pandemi, Untar bersama Universitas Bung Hatta (UBH) mengadakan kegiatan webinar  bertema “Peran Insinyur Dalam Mempercepat Rancang Bangunan Peralatan Medis di Era Covid”, secara daring pada Kamis (22/7). Acara dimoderatori oleh Dosen Teknik Mesin UBH R. Iman Satria, M.T., IPM., ASEAN ENG.

Wakil Rektor III, Dr. Hidayat, S.T.,M.T.,IPM., melalui sambutannya menyatakan, “Keberadaan insinyur di Indonesia menjadi salah satu aspek penting yang sangat menentukan dalam perkembangan sektor teknologi khususnya peralatan medis di era Covid-19, hal ini tertuang dalam UUD No.11 tahun 2014. Artinya, hal ini merupakan kesempatan baik bagi para insinyur untuk berkolaborasi merancang peralatan medis di masa pandemi,” jelasnya.

Ketua pelaksana acara, Suryadimal, S.T., M.T., menyampaikan bahwa, “Penting untuk membekali mahasiswa di masa mendatang melalui pembelajaran dengan metode seminar atau webinar sebagai kuliah umum, karena akan membuka wawasan setiap mahasiswa dalam melihat peran insinyur di Indonesia saat ini,” jelasnya.

Sebagai narasumber Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan menekankan melalui materinya, “Kontribusi pendidikan bidang mesin dalam hal produksi, distribusi, service dan lainnya bagi Indonesia memiliki pengaruh sangat besar. Semua ini membutuhkan kolaborasi dengan bidang-bidang lain. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) akan mempermudah komunikasi dan membangun kolaborasi, sehingga setiap individu dapat dipersiapkan untuk menjadi seorang insinyur yang utuh dan menghasilkan sebuah produk sesuai kebutuhan masyarakat,” jelasnya. -SS-

-JS-

22 Juli 2021, PKM, KS.