Pilih Laman
Gerak Cepat dan Nyata Festival Kampus Merdeka

15 Juni 2021

Oleh: Humas UNTAR

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menggelar acara peluncuran awal “Menuju Festival Kampus Merdeka” melalui kanal Youtube KEMENDIKBUD RI, Selasa (15/6). Acara terbagi dalam 4 sesi panel diskusi dengan para narasumber profesional yakni; Panel Akademisi (menghadirkan Direktur Sokola Institute Saur Marlina Manurung, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dan Pendidik & Pengusaha Gita Wirjawan), Panel Sosial (menghadirkan Direktur Eksekutif Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik Tiza Mafira dan Nur Agropreneur & Aktivis Agis Aulia), dan Panel Teknologi (menghadirkan Pendiri Binar Academy Alamanda Shantika Santoso, Pendiri Nusantics Sharlini Eriza Putri dan CEO dan Co-Founder TaniHub Group Pamitra Wineka, dan Panel Kreatif (menghadirkan Penulis, Aktor, Komedian Raditya Dika dan Creativepreneur Yoris Sebastian).

Festival Kampus Merdeka merupakan momen penting yang akan menjadi katalisator kemajuan kualitas sumber daya manusia Indonesia sebagai prioritas pemerintah. Festival ini bertujuan untuk mengkomunikasikan kampus merdeka kepada masyarakat luas dan pemangku kepentingan diantaranya dosen, mahasiswa, serta pelaku industri untuk berpartisipasi aktif dalam mensukseskan kampus merdeka, sehingga dapat menciptakan SDM unggul dengan memastikan lulusan mendapatkan pengalaman nyata dunia profesional.

Dalam bincang bersama Presiden RI Ir. H. Joko Widodo yang dimoderatori oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia (Mendikbud Ristek) Indonesia Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., beberapa perwakilan rektor dan perwakilan mahasiswa berprestasi turut diundang untuk berbagi prestasi yang telah berhasil  diraih sepanjang pandemi.

Ir. H. Joko Widodo juga menyampaikan bahwa, “Setiap bagian dalam MBKM dapat berdedikasi untuk kemajuan bangsa, kemanusian dan toleransi dalam kebhinekaan. Tanpa adanya hal ini maka lulusan akan tertinggal oleh perkembangan IPTEK yang ada,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini Mendikbud Ristek mempertegas pentingnya 3 aspek utama dalam penyelenggaran MBKM, yaitu; kolaborasi, empati, kreativitas. “Dengan dukungan industri BUMN, universitas, mahasiswa serta orangtua maka Indonesia bisa menjadi contoh bagi sistem pendidikan dunia melalui ekosistem yang variatif,” jelasnya.

Sebagai seorang yang hidup dalam adat dan kebudayaan yang kental, Direktur Sokola Institute Saur Marlina Manurung menyampaikan, “Dengan merubah perspektif dunia, kita akan jauh lebih mudah melihat banyak hal yang perlu diperbaiki di sekitar. Contohnya merubah pemikiran bahwa adat dan kebudayaan di pelosok sana bukanlah menjadi hal utama untuk diberikan edukasi, tapi dari merekalah kita beredukasi. Gunakan dan manfaatkanlah MBKM ini sebagai kesempatan untuk merubah dan memperbaiki dunia dengan cara yang berbeda,” jelas dalam Panel Akademisi yang mengangkat tema “Perkembangan Pendidikan Indonesia di Era Modern”.

Menurut Pendiri Binar Academy Alamanda Shantika Santoso, learning experience dari yang dipelajari di kampus dan dunia nyata sangatlah penting. “Setiap hal membutuhkan proses didalamnya, dan metode pembelajaran yang berbeda menghasilkan ilmu baru yang dapat diterapkan di kehidupan nyata, sehingga diharapkan dengan adanya MBKM setiap mahasiswa dapat membantu masyarakat luas,” jelas pada Panel Teknologi dengan tema “Inovasi Teknologi Karya Anak Bangsa”.

Untuk menutup acara Festival Kampus Merdeka 2021, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto menyampaikan harapannya, “Dengan adanya program Festival Kampus Merdeka, kita bisa bekerjasama untuk membangun SDM Indonesia yang unggul demi kemajuan Indonesia di masa mendatang,” ucapnya.

Sejak tahun lalu, Untar secara konsisten mewujudkan komitmennya dalam mengembangkan pembelajaran MBKM yang dicanangkan pemerintah Indonesia, dalam rangka mendukung menciptakan SDM yang unggul untuk kemajuan bangsa dan negara dengan berbagai program pertukaran mahasiswa baik nasional maupun internasional. -SS-

-JS-

15 Juni 2021, KS.

 

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar