Pilih Laman
Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Dorong Kampus Merdeka Untuk Membangun Kedaulatan Bangsa

25 Maret 2021

Oleh: Humas UNTAR

Jaman semakin berkembang dengan munculnya beragam hal baru di bidang teknologi dan berkembangnya pemikiran yang terus terbentuk di tengah masyarakat. Society 5.0 menjadikan teknologi menjadi pusat keseharian dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas keseharian. Tujuan dari society 5.0 untuk kemajuan finansial dan sosial masyarakat dengan manusia sebagai yang utama. Webinar dengan tema “Insinyur Indonesia Menuju Society 5.0” pada Rabu, (25/3) harapannya dapat memberi pencerahan kepada lebih dari 500 peserta dengan mendengarkan ulasan dari beberapa rektor perguruan tinggi diantaranya Rektor UGM Prof. Panut Mulyono, Rektor Universitas Esa Unggul Arif Kusuma Among, dan Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan.

Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia, Dr. Ir. Heru Dewanto, S.T., M.Sc., IPU menyampaikan bahwa “insinyur tidak hanya bertugas untuk menghasilkan inovasi dalam memajukan peradaban, tetapi juga merumuskan dan membentuk masyarakat dunia seperti yang diinginkan. Inilah makna dari society 5.0 di mana harus menghasilkan output insinyur yang mampu menjalankan tugas bersinergi  dengan berbagai lembaga pendidikan tinggi teknik. Serta mengutamakan konsep kurikulum menuju Society 5.0 ke dalam visi Kampus Merdeka, Merdeka Belajar untuk pendidikan profesi insinyur.”

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D. mengatakan, “pada dasarnya tugas insinyur ialah menciptakan sesuatu yang belum ada. Sehingga tugas insinyur atau pendidikan teknik adalah menghasilkan para pencipta yang berdasar pada ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik.”

Dengan adanya webinar ini, harapannya setiap permasalahan yang dialami perguruan tinggi  dapat memperoleh solusi menuju Insinyur Indonesia Society 5.0 membentuk kedaulatan Bangsa. -SS-

-JS-

25 Maret 2021, KS, PKM.

Berita terbaru

Agenda

17 Nov KBGI XIII
17 Nov Seminar Humaniora
24 Nov ICEBM