Pilih Laman
Social Media Specialist: Prospek Kerja yang Menjanjikan

22 Februari 2021

Oleh: Admin Pusat

Dengan semakin maraknya aplikasi Clubhouse beberapa pekan ini, semakin membuktikan bahwa prospek kerja sebagai Social Media Specialist tidak dapat diabaikan perkembangannya. Bagaimana tidak? Hampir seluruh perusahaan mulai membangun presensi digitalnya melalui media sosial semenjak awal pandemi tahun lalu. Promosi bisnis, membentuk brand awareness, hingga memberi edukasi pun dilakukan di media sosial.

Pekerjaan yang lagi sangat happening ini tentunya juga memunculkan kompetisi dengan perusahaan lainnya. Dilansir dari Betterteam, Social Media Specialist merupakan posisi yang fokus pada menciptakan konten digital yang kreatif dan menarik untuk berbagai platform media sosial perusahaan tertentu. Mereka melakukan ini dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness, memperkuat usaha marketing, dan juga mendorong angka penjualan.

Social Media Specialist tidak hanya membuat konten dalam 1 jenis media sosial saja, namun mereka juga harus mengerti cara untuk menyesuaikan konten yang sama namun diaplikasikan ke tiap jenis media sosial. Dilansir dari glints.com, peluang untuk mengisi posisi ini terbuka untuk semua orang, asalkan kalian memiliki kemampuan-kemampuan di bawah ini.

Social Media Fluency
Mengenal karakteristik hingga fitur-fitur setiap media sosial sangat diperlukan bagi kalian yang ingin melamar posisi ini. Pasalnya, meskipun menggunakan media sosial setiap hari, belum tentu kalian mengerti betul algoritma dari setiap media sosial yang dapat mendorong dan memaksimalkan tujuan suatu perusahaan atau brand.

Kemampuan Komunikasi
Walaupun bekerja di belakang layar, kalian harus memiliki kemampuan ini, karena akan tersalur melalui writing, editing, storytelling, hingga presentasi. Dengan demikian, ide-ide kalian dapat disalurkan dan mendekatkan diri perusahaan dengan pengikutnya.

Pengetahuan tentang Tools yang Diperlukan
Ada berbagai macam tools yang dapat mempermudah pekerjaan seorang Social Media Specialist. Salah satu yang perlu dikuasai misalnya adalah Creator Studio untuk menjadwalkan postingan Instagram dan Facebook, atau aplikasi Canva untuk keperluan mengedit konten.

Kemampuan Manajemen Waktu
Banyak sekali tanggungjawab yang dimiliki profesi ini, dari merencanakan konten, mengedit, revisi, penjadwalan posting, hingga penulisan caption. Kalian harus menentukan prioritas pekerjaan mana yang butuh dikerjakan terlebih dahulu hingga mengatur waktu secara efisien agar semuanya dapat selesai sebelum deadline. (CA)

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar