Pilih Laman
Problematika dan Strategi Menghindari Plagiasi Artikel Ilmiah

22 Februari 2021

Oleh: Humas UNTAR

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan menjadi pembicara di webinar series IKDKI (Ikatan Dosen katolik Indonesia) tentang “(Self) Plagiarism: Problematika dan Strategi Menghindari Plagiasi Artikel Ilmiah” Senin (22/2).

Dikatakan bahwa Hak Kekayaan Intelektual (HKI) berkaitan dengan masalah plagiasi. “Plagiasi memiliki kaitan dengan hak kekayaan intelektual orang lain. Hak Kekayaan Intelektual (HKI) adalah hak yang timbul dari hasil olah pikir otak manusia untuk menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna bagi kehidupan serta hak untuk menikmati secara ekonomis dari suatu kreativitas intelektual. Kemampuan intelektual manusia harus dihargai.”

Beliau juga menegaskan bahwa fungsi Hak Kekayaan Intelektual dilindungi Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta dan mengingatkan untuk tidak menggunakan karya orang lain tanpa izin.

“Fungsinya adalah melindungi inovasi dan kreativitas, serta memberikan imbalan terhadap siapa saja yang mampu melakukan kreativitas dan inovasi atas suatu penemuan desain, merek, dan seterusnya.

Memberikan hak eksklusif dalam jangka waktu tertentu sesuai undang- undang, artinya karya-karya yang dipublish dilindungi secara hukum. Maka dalam menggunakan karya orang lain harus berhati-hati karena akan terkena aturan hukum yang berlaku. Jika ingin menggunakan karya orang lain, silahkan cantumkan nama dengan benar atau memohon izin, agar bisa menggunakan karya-karya itu,” pungkasnya.

Turut menghadirkan Wakil Rektor Research and Collaboration Universitas Katolik Indonesia (UNIKA) Atma Jaya Jakarta Y. Eko Adi Prasetyanto, Ph.D. sebagai narasumber, yang menegaskan bahwa solusi terbaik dalam mengatasi plagiasi berasal dari pribadi setiap orang sendiri.

“Software atau apapun, itu bukan sebuah solusi. Solusinya adalah berasal dari diri sendiri. Kalau berniat memplagiasi, maka akan terjadi plagiasi. Sebaliknya, jika dari awal sudah berniat membuat sebuah karya yang baik, banggalah terhadap karya sendiri,  maka plagiasi dapat dihindari,” tegasnya.

Dengan dimoderatori Yasinta Indrianti, M.Psi. Psikolog, acara diakhiri dengan sesi tanya jawab. -AS-

-JS-

22 Februari 2021, PKM, KS.

 

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar