Pilih Laman
Selamat Datang di Dunia Profesional untuk Generasi Z

16 Desember 2020

Oleh: Admin Pusat

SEKARANG zamannya Generasi Z (Gen Z) unjuk gigi. Kiprah anak-anak muda ini mulai muncul di hadapan khalayak, baik di dunia akademis maupun sosial. Seiring berjalannya waktu dan munculnya Gen Z tadi, tampaknya kaum millennials sudah mulai dianggap menua. Padahal, jika generasi millennials yang akrab disapa Gen Y ini sudah dikategorikan kurang aktif, lalu bagaimana nasib Generasi X dan Generasi Baby Boomers selanjutnya?

Dunia dikejutkan dengan tampilan depan halaman Majalah Time yang terbit Kamis (4/12/2020). Untuk kali pertama, majalah ini menobatkan gadis berusia 15 tahun bernama Gitanjali Rao menjadi Kid of The Year di tahun ini.

Meski masih anak kemarin sore, prestasi gadis keturunan India-Amerika ini dianggap sangat fantastis. Perempuan kelahiran tahun 2005 ini dinobatkan sebagai ilmuwan brilian yang penemuan ilmiahnya mampu memberikan solusi atas berbagai masalah yang terjadi di sekitarnya.

Karena itu, keberadaan Generasi Z dengan segala perilakunya, dianggap sebagai sebuah sub kebudayaan baru yang merupakan hasil proses evolusi atas tingkatan yang berbeda. Mereka hidup dengan karakternya sendiri dan maju ke depan sebagai identitas yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Mari kita nantikan kiprah para Gen Z di dunia profesional.

Penulis: Diah Ayu Candraningrum, ST, MBA, MSi, Dosen Komunikasi Digital Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Tarumanagara

Terbit di Kompas.com dengan judul “Selamat Datang di Dunia Profesional untuk Generasi Z,” Klik untuk baca berita selengkapnya: http://kmp.im/AGAnVM

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar