Pilih Laman
Pentingnya Tulisan Ilmiah Populer, untuk menumbuhkan Minat Baca

11 Desember 2020

Oleh: Humas UNTAR

Menyadari pentingnya penulisan ilmiah popular untuk menarik minat pembaca, Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat, Pusat Sumberdaya Belajar (PSB) bekerja sama dengan Humas Untar mengadakan Pelatihan Penulisan Ilmiah Populer bagi Dosen Peneliti di lingkungan Untar, Jumat (11/12) secara online melalui aplikasi daring. Dengan menghadirkan News Assistant Managing Editor Kompas.com Laksono Hari dan Editor Kompas.com Yohanes Enggar sebagai narasumber, dalam pelatihan ini para dosen diajarkan bagaimana membuat sebuah karya tulis ilmiah menjadi tulisan populer sebagai bentuk hasil luaran penelitian para dosen.


Diakui Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan bahwa membuat sebuah karya artikel publikasi membutuhkan usaha serta bahan untuk ditulis, semua hal ini termasuk ke dalam proses menjadi seorang dosen. “Kita harus selalu berinovasi dan membuka kesempatan bagi para dosen untuk menulis dengan menyediakan sarana publikasi melalui seminar, jurnal, kolom PINTAR (melalui website untar.ac.id) serta kerja sama dengan Kompas.com yang menghasilkan Kolom Untar untuk Indonesia. Acara ini penting untuk kembali menyadarkan kewajiban dosen dan mahasiswa untuk menulis.”

Laksono Hari Wiwoho berbagi bahwa, “Melalui kolom opini, media memberikan kesempatan bagi khalayak umum untuk menulis dan menginformasikan sesuatu untuk khalayak yang lebih luas. Cara menulis opini di media, berbeda dengan penulisan berita maupun jurnal. Menulis opini berarti menuangkan gagasan/konsep secara subjektif namun harus bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.”
Disampaikan Yohanes Enggar, bahwa setidaknya ada 3 hal yang perlu dilakukan untuk memberi semangat bagi para dosen menulis, “Pertama tulisan yang dihasilkan perlu menarik dan tidak membosankan bagi para pembaca, selanjutnya sebagai seorang akademisi bahwa penelitian serta pemikiran penulis dapat memberikan manfaat bagi khalayak, dan tentunya dapat mem-branding diri maupun instansinya,” jelas editor yang akrab disapa Mas Enggar ini.


Dalam beberapa kesempatan Untar telah menjalin relasi bersama Kompas.com, mulai dari kunjungan ke Kantor Redaksi Kompas.com, pelatihan penulisan ilmiah popular bagi kalangan dosen, hingga pengadaan platform untuk diseminasi hasil penulisan dosen di Kolom “Untar untuk Indonesia”. -JS-

-JS-

11 Desember 2020, KS, PKM, LIT.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar