Pilih Laman
Peran Humanis Public Relations di Era Kenormalan Baru

27 November 2020

Oleh: Admin Pusat

  

Setiap profesi memiliki tantangannya tersendiri dalam menghadapi era new normal. Menyesuaikan diri, beradaptasi terhadap lingkungan, sambil kembali beraktivitas dengan mengedepankan protokol kesehatan tentu menjadi tantangan yang dialami oleh setiap orang.

Pada Webinar Series Fikom Untar seri ketiga yang bertemakan “Peran Humanis Public Relations Di Era Kenormalan Baru,” mengundang Head of Corporate Communication PT. Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana dan Dosen PR Fikom Untar, yaitu Roswita Oktavianti, S.Sos., M.Si.

“Fokus utama kami tetap ke pelanggan utama kami, tetap membuat sosialisasi dan kegiatan di sawah. Karena pangan menjadi ujung tombak untuk pemulihan keselamatan bangsa dalam menghadapi pandemi dalam mencegah bencana kelaparan, Kami sendiri juga melakukan pembenahan dan kampanye baik didalam maupun luar perusahaan. Digital PR pada masa pandemi sangat penting, dimana kemampuan menguasai teknologi sangat diutamakan,” ungkap Wijaya.

“Tetapi bagi perusahaan atau organisasi yang bergerak di bidang pelayanan publik seperti kami, pendekatan tradisional juga diperlukan namun protokol kesehatan masih dijalankan. Selain itu, menenangkan karyawan dan internal stakeholder kita juga tetap harus dijaga. Media relationjuga penting karena hubungan yang dijaga lebih erat dibandingkan sebelumnya,” lanjutnya.

Sejalan dengan apa yang dibicarakan oleh Wijaya, Roswita juga menyimpulkan bahwa komunikasi virtual menjadi kegiatan yang lebih digemari karena lebih aman, menghemat waktu karena bisa sembari mengerjakan aktivitas lain atau menghadiri konferensi pers lain.

“Tetapi komunikasi daring juga memiliki beberapa kekurangan. Teknis seperti koneksi buruk yang menyebabkan audio atau suara samar-samar atau tidak jelas, sinyal tiba-tiba putus saat penyampaian informasi penting. Selain itu, video atau materi yang tidak dapat disajikan dan gangguan suara atau noise.”

“Sebagai solusi, panitia perlu persiapan matang sebelum kegiatan dimulai terutama teknologi yang digunakan, melakukan tes audio dan video, serta mengirimkan rekaman kegiatan kepada jurnalis.” (CA)

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar