Pilih Laman
UMKM Perlu Beradaptasi di Masa Sulit

4 November 2020

Oleh: Humas UNTAR

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan menjadi narasumber dalam Asparnas Webinar Series #3 berjudul “UMKM During Pandemic: Starter Pack & Survival Kit” yang disiarkan melalui aplikasi daring, Rabu (4/11).

Seminar daring ini turut menghadirkan Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM RI Ir. Victoria br. Simanungkalit, M.M. sebagai narasumber kunci dan Wakil Ketua Umum Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) Harry Basuki Tjahja Purnama, M.B.A. Bertindak selaku host adalah News Presenter Kompas TV Glory Oyong yang memandu jalannya acara.

Mewakili Ir. Victoria, Asisten Deputi Industri dan Jasa Ari Anindya Hartika memaparkan kondisi umum ekonomi nasional serta dampaknya pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di masa pandemi. “UMKM menghadapi tantangan yang besar di masa pandemi Covid-19. Agar dapat bangkit kembali, salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk mendukung pertumbuhan UMKM di masa kini adalah berkolaborasi dengan sektor pariwisata,” paparnya.

Menurut Rektor, kolaborasi merupakan suatu langkah yang dapat menjadi jawaban bagi UMKM dalam menghadapi tantangan di masa pandemi. “Kolaborasi merupakan suatu hal yang penting. Terobosan-terobosan baru dapat dihasilkan melalui kolaborasi. Hal ini tentunya juga dapat diterapkan agar UMKM dapat melewati masa pandemi ini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini Rektor juga memaparkan keterlibatan institusi pendidikan dalam mendukung kegiatan-kegiatan pengembangan UMKM. “Sejalan dengan nilai Entrepreneurial yang dianut Untar, banyak kegiatan mahasiswa Untar yang mendukung perkembangan UMKM di Indonesia, seperti acara Entrepreneurial Week,” pungkasnya.

Sementara itu, Harry memaparkan peran Pemerintah dalam menyokong UMKM di masa pandemi. “Dana bantuan yang telah diberikan oleh Pemerintah dalam mendukung UMKM di tengah situasi pandemi saat ini, antara lain melalui skema KUR, dana hibah pariwisata, hingga 5 skema program bantuan pemerintah,” tuturnya.

Acara yang berlangsung selama 2 jam ini dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipimpin Glory. “Terima kasih kepada seluruh narasumber yang telah bersedia membagikan insight-nya pada hari ini. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua,” ujar Alumni Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Untar tersebut seraya menutup acara. -AW-

-JS-

4 November 2020, KS, PKM.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar