Pilih Laman
Kiat Membangun Start-up yang Sukses ala Tania Hendrica

16 Oktober 2020

Oleh: Admin Pusat

Membangun sebuah start-up memang tidak dapat dikatakan mudah. Banyak yang gagal karena tidak mengetahui dan memperhatikan hal-hal sepele namun penting. Apalagi di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak bermunculan entrepreneurmuda yang menciptakan bisnis start-up yang memiliki inovasi dan kreativitas tanpa batas.
Dalam rangka implementasi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, Untar menyelenggarakan acara Program Pertukaran Mahasiswa Nusantara (PPMN) pada 15-17 Oktober 2020. Salah satu sesi yang termasuk ke dalam program ini adalah pemaparan materi oleh Tania Hendrica, S.I.Kom., alumni Fikom Untar yang saat ini merupakan Founder Papermotion.

Berbagi cerita dan kisah pengalamannya saat berkuliah dan awal perjalanannya merintis Papermotion, ia membagikan tips dan trik untuk memulai bisnis. “Pada saat masih menjadi mahasiswa, cari koneksi sebanyak-banyaknya. Karena pada saat kalian udah lulus, teman-teman kalian ini bisa jadi yang hire kamu. Kalau dalam kasus saya, klien-klien pertama saya itu temen-temen kuliah, yang akhirnya merambat ke sana-sini,” katanya.
Selain itu, ia juga menceritakan hal-hal penting yang harus diperhatikan saat berbisnis. “Ada empat hal yang wajib diperhatikan. Yang pertama adalah ketepatan waktu, humanisme, integritas dan profesionalisme. Bagaimana kita menempatkan diri, menetapkan value usaha kita, hingga memberikan kepuasan kepada klien melalui hasil projek akan secara otomatis membuat klien repeat order.”

Pada akhir sesi, ia berpesan, “Menurut saya, jangan pernah menyerah. Karya-karya saya banyak sekali yang kurang oke saat masih berkuliah. Tetapi saya sangat bersyukur karena dari banyaknya karya tersebut, saya sekarang dapat menjalani bisnis sendiri. Jangan lupa bahwa apapun pengalaman yang didapatkan, bisa menjadi pelajaran berikutnya.” (CA)

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar