Pilih Laman
Dies Natalis Ke-61, Membangun Reputasi Internasional: Untar untuk Indonesia

1 Oktober 2020

Oleh: Humas UNTAR

5

Universitas Tarumanagara merayakan ulang tahun ke-61 dengan mengangkat tema “Membangun Reputasi Internasional: Untar untuk Indonesia” pada Kamis (1/10). Perayaan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena diadakan dengan aplikasi media daring dan disiarkan di kanal Youtube. Bertepatan dengan hari Kesaktian Pancasila, pembukaan Research Week 2020 juga dilangsungkan bersamaan dengan acara perayaan HUT ke-61 Untar.

Keadaan sulit di tengah pandemi Covid-19, tidak membuat Untar kalah dengan keadaan, Sivitas Akademika Untar tetap harus menjaga semangat Integritas, Professionalisme, dan Entrepreneurship untuk terus berkarya serta terus menjadikan Pancasila sebagai nilai yang diimplementasikan dalam kegiatan pengajaran, pengabdian kepada masyarakat, penelitian, publikasi, dan  kegiatan-kegiatan lain .

Acara dibuka oleh Laporan Ketua Umum HUT Untar Dr. Rasji, S.H., M.H., “Kami  mengucapkan selamat dan mendoakan agar Untar  terus maju di tingkat Nasional maupun Internasional.  Ditambahkan bahwa rangkaian acara HUT ini meliputi kegiatan Research Week yang merupakan agenda tahunan pemberian penghargaan kepada para dosen untuk kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, lomba  konten kreatif digital yang diikuti para mahasiswa, dosen, serta karyawan, dan akan diselenggarakan Pengukuhan Guru Besar Fakultas Hukum pada pertengahan Oktober nanti. Kami  mengucapkan selamat kepada para pemenang,” pungkasnya.

Dilanjutkan dengan sambutan Ketua LPPM Universitas Tarumanagara Ir. Jap Tji Beng, MMSI., Ph.D., bahwa ditengah pandemi, Research Week 2020 terus dijalankan meskipun membutuhkan banyak penyesuaian yang perlu dilakukan dalam waktu singkat.

“Meskipun ditengah pandemi namun Research Week 2020 tetap memiliki semangat dan antusiasme yang tinggi, hal ini terlihat dari jumlah karya yang masuk meningkat sekitar 80 persen dari tahun lalu.  Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terelenggaranya Research Week 2020,” sambutnya.

Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara yang diwakili oleh Sekretaris Pengurus Yayasan Tarumanagara Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H. mengatakan bahwa dalam menghadapi tantangan yang ada, Untar harus mampu beradaptasi dan melakukan perubahan-perubahan terhadap kemajuan zaman, “Pendidikan memerlukan kolaborasi dengan berbagai pihak (sinergi) seperti Universitas, Industri, Perusahaan, dan  lainnya untuk dapat tetap mengedepankan kualitas pendidikan.  Saat ini mulai berkembang  penyelenggaraan pendidikan tanpa tatap muka dengan tenaga pengajar dari sekumpulan para profesor dunia.  Jadi tanpa memiliki gedung megah,  sebuah lembaga pendidikan tetap dapat menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas.

Akhir kata kami ingin mengucapkan selamat dan sukses atas Dies Natalis ke-61 Universitas Tarumanagara,” ujar Dr. Ariawan.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan yang mengatakan bahwa Sivitas Akademika Universitas Tarumanagara perlu menjalankan nilai Integritas, Professionalisme, Entrepreneurship, dan Budi Luhur dalam berbagai aspek kehidupan.

“Untar terus meraih berbagai prestasi dan reputasi, baik nasional maupun internasional. Mahasiswa dan dosen telah berkolaborasi menghasilkan karya-karya terbaiknya, secara khusus bidang penelitian dan publikasi ilmiah. Capaian ini sangat mendukung tercapainya reputasi Untar seperti yang kita lihat saat ini. Oleh karenanya, Untar memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada penyumbang karya,” serunya. “Selamat ulang tahun kepada Universitas Tarumanagara, dan terus sukses untuk kita semua, menjadi perguruan tinggi yang karyanya dirasakan oleh masyarakat luas, sesuai dengan tagline: Untar untuk Indonesia,” sambut Rektor diikuti upacara pemotongan tumpeng.

Rektor juga berpesan agar Sivitas Akademika Untar dapat mengejawantahkan nilai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran di Untar. “Nilai-nilai luhur Pancasila diimplementasikan dalam berbagai kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Untar, dipadukan nilai-nilai Untar yaitu Integritas, Professionalisme dan Entrepreneurship yang berbudi luhur,” pungkas Rektor

Selain memberikan hadiah kepada para pemenang lomba konten kreatif inovatif, dalam perayaan Dies Natalis ke-61 turut diberikan penghargaan Research Week dalam rangka meningkatkan kinerja para dosen dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kategori-kategori penghargaan antara lain:  terdiri dari kategori artikel jurnal terindeks bereputasi (Scopus, ISI Thomson/ Web of Science, EBSCO, DOAJ, Copernicus), kategori artikel jurnal terindeks SINTA penerbit Untar dan non-Untar, kategori Prosiding terindeks Scopus dan WOS, kategori penerima Hibah RISTEK-BRIN, kategori Hak Cipta, kategori desain industri dan merek dagang, kategori keynote/ invited speaker, kategori Buku dan Book Chapter, dan kategori artikel di media bereputasi. Universitas Tarumanagara memberikan penghargaan kepada para dosen yang telah memberikan kontribusi berharga kepada Untar, dalam bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kekayaan intelektual, dan publikasi ilmiah. -NR-

-JS-

1 Oktober 2020, KS, PKM, LIT.

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week