Pilih Laman
Mengarahkan Anak Memilih Karir

19 September 2020

Oleh: Humas UNTAR

Untar kembali berkolaborasi bersama Yayasan Tarakanita dalam Seminar Parenting Career Day 2020 SMA Santo Carolus bertema “Mendampingi Anak dalam Pemilihan Karir di Era Covidigital” yang dilaksanakan secara daring, Sabtu (19/9).

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan menjadi narasumber dalam acara ini. Selama satu jam, Rektor membagikan paparannya di hadapan para orang tua siswa SMA Santo Carolus Surabaya.

Rektor berharap acara ini dapat menjadikan orang tua semakin baik dalam membimbing anak-anak dalam hal pemilihan karir. “Sebagai ciptaan Tuhan, anak-anak perlu dibimbing dengan kasih sayang dan rasa hormat. Semoga kita dapat mendampingi anak-anak menjadi orang dewasa yang baik, berguna untuk kehidupan dan kemuliaan Tuhan, apapun karir yang dipilihnya,” tuturnya.

Menurut Rektor, anak-anak perlu memiliki 5 skill yang dibutuhkan industri di masa depan, antara lain Complex Problem Solving (kemampuan memecahkan masalah), Social Skill (kemampuan bersosialisasi), Process Skill (kemampuan memproses informasi), System Skill (kemampuan membuat pertimbangan dan keputusan bertindak dalam sebuah sistem), dan Cognitive Abilities Skill (kemampuan berpikir/kognitif) agar dapat unggul di masa depan.

“Sehingga dalam pendampingan anak, orang tua diharapkan mampu memahami adanya perubahan dan perbedaan situasi, serta cara pandang anak-anak zaman sekarang yang sudah berbeda dengan situasi ketika kita masih muda,” ujarnya.

Rektor berpendapat bahwa orang tua tidak boleh memaksakan anak-anaknya memilih karir sesuai ideal orang tua. Rektor menekankan bahwa anak-anaklah yang harus menentukan sendiri jalan hidup mereka. “Orang tua berhak mengarahkan anak-anaknya ke arah karir tertentu, tetapi tidak boleh menentukan masa depan anak sesuai kehendak dan keputusan orang tua,” imbuhnya.

Mewakili Yayasan Tarakanita, Guru SMA Santo Carolus Surabaya C. Winarti Handayani, S.Pd. secara khusus mengucapkan apresiasi kepada Rektor. “Terima kasih atas kesediaan Bapak Rektor untuk membagikan informasi yang berharga ini. Banyak yang bisa kita dapatkan hari ini, semoga sungguh menjadi bekal untuk membimbing putra-putri kita dalam menentukan karir mereka,” ucapnya.

Acara yang disiarkan melalui aplikasi daring dan Youtube secara langsung ini dihadiri ratusan orang tua/wali murid kelas 10, 11, dan 12 SMA Santo Carolus Surabaya. -AW-

-JS-

19 September 2020, KS, PKM.