Pilih Laman
Pendidikan Anak Di Tengah Pandemi

14 Agustus 2020

Oleh: Humas UNTAR

SUDARA & HIDUP TV mengadakan Digital Enlightenment Series #3, sebuah seminar online yang mengangkat tema tentang “PENDIDIKAN BAGI KELUARGA DAN PARENTING BERKUALITAS” pada Jumat (14/8). Seminar turut mengundang Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, Psikolog dan Praktisi Pendidikan Dr. Seto Mulyadi, S.Psi, M. Psi (Kak Seto), dan Praktisi Pendidikan dari rumah (home schooling) Jansi Bernadet Kuntag.

Dalam sesinya yang mengangkat topik tentang pengaruh pendidikan dalam keluarga, Prof. Agustinus mengatakan bahwa keluarga sebagai agen pendidikan yang pertama harus mampu untuk membuat kebiasaan baik terlebih dahulu di dalam keluarganya, melihat segala sesuatu dari sisi positif serta memiliki semangat. “Pendidikan Nasional juga harus diarahkan untuk mencapai Indonesia maju berlandaskan Pancasila, agar dapat menghasilkan orang-orang yang punya mimpi, visi, taat aturan, dan memiliki rasa kecintaan terhadap tanah air,” tuturnya.

Di sesi berikutnya, Jansi Kuntag membahas tentang keluarga sebagai pembentuk karakter anak. Ibu dari 4 orang anak yang bersekolah di rumah ini mengatakan bahwa orang tua akan mendampingi seorang anak dan turut menentukan seperti apa karakter anak itu kelak. “Sesibuk apapun orang tua, kita harus tetap memberikan waktu bagi anak kita, karena orang tua adalah penggerak bagi anak-anak kita,” jelasnya

Sesi terakhir mengangkat Pendidikan bagi “Keluarga dan Parenting Berkualitas “ sebagai topik dengan narasumber “Kak Seto”. Dr. Seto memulai dengan menjelaskan tentang hak-hak anak, lalu delapan (8) kecerdasan, serta masalah-masalah yang datang disaat masa pembelajaran ditengah pandemi. “Betul bahwa keluarga memegang peran penting dalam mendidik, dan keluarga harus mampu membentuk karakter anak,” tuturnya.

Kak Seto juga mengatakan bahwa makna dari pendidikan adalah memunculkan sesuatu dari dalam diri seorang anak, “Karena semua anak pada dasarnya senang belajar, oleh karenanya jangan sampai keinginan itu dipadamkan, ciptakan keluarga yang ramah anak, dan ciptakan kondisi belajar yang gembira,” tambahnya. -NR-

-JS-

14 Agustus 2020, KS.

Berita terbaru

Agenda

17 Nov KBGI XIII
17 Nov Seminar Humaniora
24 Nov ICEBM