Pilih Laman
Peran Koperasi Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

8 Agustus 2020

Oleh: Humas UNTAR

Rektor Universitas Tarumanagara Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan menjadi moderator dalam seminar daring yang berjudul Seminar Sinergi UKM/ UMKM Koperasi dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat. Menghadirkan narasumber Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI Drs. Teten Masduki, Direktur Bisnis LPDB KUKM Kemenkop RI Krisdianto Soedarmono S.T,.M.M, Asisten Deputi Penyuluhan Kelembagaan Kemenkop UKM RI Bagus Rachman S.E M.Ec  dan Deputy CEO ASy- Syirkah Indonesia Budiman Indrajaya S.E.I., Sabtu, (8/8).


Acara ini terselenggara berkat kerja sama Universitas Tarumanagara, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Pusat, Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI dan disiarkan langsung melalui El John TV dan El John Radio.
Drs. Teten Masduki dalam pemaparannya yang diwakili oleh Asisten Deputi Penyuluhan Kelembagaan Kemenkop UKM RI Bagus Rachman S.E M.Ec  menjelaskan potensi UMKM Indonesia dan tantangannya ke depan. “Potensi UMKM Indonesia cukup besar dan penyerapan tenaga kerja juga sangat tinggi serta perlu ditingkatkan kualitasnya dengan tagline #banggabuatanindonesia. Tantangannya adalah digitalisasi UMKM masih rendah karena itu pemerintah mendorong peningkatan produktivitas dan nilai tambah produk UMKM dan mendampingi proses digitalisasi UMKM ke dalam platform digital. Butuh ada percepatan pengembangan UMKM ini. Selain itu, tantangan dan kendala koperasi saat ini adalah permodalan, penjualan, produksi, distribusi dan bahan baku,” terangnya.


Menambahkan penjelasan tersebut, Bagus Rachman juga menerangkan implementasi kebijakan pemerintah.
“Kegiatan prioritas Kementrian Koperasi dan UMKM dari implementasi kebijakan adalah pengembangan kemitraan koperasi dan UMKM berbasis komoditas, pengembangan layanan pemasaran dan penguatan ekspor, fasilitasi dan penguatan bagi koperasi dan digitalisasi koperasi dan UMKM,” katanya menambahkan.
Terkait pembiayaan UKM dan bantuan dana bergulir Direktur bisnis LPDB KUKM Kemenkop RI Krisdianto Soedarmono S.T,.M.M menjelaskan bahwa LPDB merupakan saturan kerja Kementrian Koperasi UKM di bidang pembiayaan yang mengelola dana bergulir untuk perkuatan permodalan bagi koperasi dan UMKM sebagai anggota koperasi. “Tujuan strategisnya adalah membantu perkuatan permodalan langsung ke koperasi dan ke UMKM melalui koperasi,” jelasnya.


Ketua umum PSMTI Pusat David Herman Jaya dalam menyatakan pentingnya seminar ini guna memotivasi para pelaku bisnis dan masyarakat guna menggerakkan perekonomian Indonesia.
“Pandemi COVID19 berdampak pada resesi global. Seminar ini sangat penting untuk menambah wawasan dan memotivasi kita semua untuk berperan dalam menggerakan perekonomian yang kini lesu. Jangkauan dan pengaruh kita mungkin tidak luas, tetapi jika UKM, UMKM melakukan kegiatannya masing-masing dan bergerak di tempatnya masing-masing saya yakin dapat menggerakkan perekonomian Indonesia.” Jelasnya. -SW-

-JS-

Sabtu, 8 Agustus 2020, KS, PKM.