Pilih Laman
Pentingnya Profesionalitas dalam Bisnis Keluarga

2 Agustus 2020

Oleh: Humas UNTAR

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untar kembali menyelenggarakan seminar online Family Business Talk seri ke-tujuh berjudul “Family Business Professionalization” bersama Asosiasi Manajemen Indonesia (AMA) Chapter Lampung, Minggu (2/8). Hadir sebagai narasumber Founder Center of Family Business Studies (CFBS) Dr. Nyoman Marpa, Generasi kedua Owner Fajar Benua Group Alfo Nugraha Handoko, dan dosen FEB Dr. Agus Zainul Arifin sebagai moderator.


“Profesionalisasi dalam sebuah bisnis keluarga mempunyai dua hal yang bertolak-belakang namun penting. Dengan profesionalisasi, peran keluarga akan berkurang, kontribusi keluarga melemah. Namun di sisi lain, profesionalisasi ini penting untuk pertumbuhan bisnis serta keberlangsungan transisi ke penerus. Oleh karenanya komitmen para anggota keluarga penting.,” ucap Dr. Nyoman Marpa, penulis buku “Kiat Sukses Bisnis Keluarga”.
Berdasarkan pengalaman, Alfo Nugraha mengatakan bahwa sistem akan otomatis melakukan filterisasi pada sebuah bisnis. “Nantinya anggota keluarga yang dapat beradaptasi dan membuktikan kualitas akan mampu bertahan di perusahaan, begitu juga sebaliknya. Profesionalisasi dalam sebuah perusahaan akan menciptakan efisiensi karena sistem yang ada. Ketika mengambil sebuah keputusan, cobalah memposisikan diri sebagai seorang profesional, hal ini akan membantu bisnis anda.”


Diakuinya, pada masa pandemi, perusahaan bisa saja collapse jika belum menjadi perusahaan profesional. “Dengan pemerintahan yang saat ini mendukung profesionalisasi, perusahaan yang hanya mengandalkan “koneksi” tidak akan dapat bertahan. Saat ini who’s tougher, who’s smarter, who’s never give up-lah yang akan berhasil.”
Alfo Nugraha menyampaikan bahwa krisis adalah teman untuk menjadi lebih baik. “Sebelum gagal tidak ada yang pernah salah dan tidak ada yang pernah menyesal. Semua membutuhkan proses, jangan mudah menyerah.” -JS-

-JS- 

Minggu, 2 Agustus 2020, KS.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar