Pilih Laman
Langkah Awal Kampus Merdeka di Tengah Pandemi

16 Juni 2020

Oleh: Humas UNTAR

Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Untar melaksanakan rapat kerja (raker) pada Jumat-Sabtu (8-9/5) melalui pertemuan daring. Rapat kerja yang rutin dilaksanakan setiap tahun dihadiri pimpinan, dosen, serta karyawan. Selain membahas evaluasi program tahun 2019, juga dibahas program kerja ke depan dan implementasi Kampus Merdeka.

“Program kerja Fikom ke depan akan adaptif terhadap perubahan dan mendukung program kerja universitas untuk mewujudkan Kampus Merdeka Belajar yang berkualitas, dengan kelulusan tepat waktu dan terjangkau,” ucap Dekan Fikom Untar Dr. Riris Loisa, M.Si.

Hadir untuk memerikan pembekalan, Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan memberi arahan mengenai kualitas pendidikan yang dikelola Fikom Untar. “Kita harus membuat terobosan pelayanan akademik, terkait Tridharma dan pengelolaan program perkuliahan online atau blended learning. Kolaborasi dengan banyak pihak menjadi penting untuk penjaminan mutu dan peningkatan kualitas. Kita harus berubah, pola pikir kita harus berubah. Kita harus memikirkan dampak masa depan dan keberlanjutan  yang terbaik untuk sivitas akademika dan alumni Fikom. Itulah tantangan kita saat ini. Mari kita sinkronkan program dan siapkan produk-produk berkualitas,” pungkasnya.

Dalam rangka menentukan langkah dan inovasi mewujudkan kampus merdeka, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untar juga mengadakan rapat kerja (raker) secara online melalui aplikasi Microsoft Teams, Senin (18/5).

Rapat virtual yang diadakan dalam masa Pandemi Covid-19 ini membahas persiapan menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021, serta rancangan program kerja tahun 2021. Raker FTI yang dipimpin oleh Dekan Prof. Dr. Dyah Erny Herwindiati ini diikuti oleh para pimpinan fakultas serta para dosen dan karyawan.

Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan juga memberikan pembekalan mengenai Kampus Merdeka. ”Raker ini diharapkan dapat menjadi inspirasi agar FTI dapat dikelola untuk mempersembahkan yang terbaik untuk Untar.” Rektor menegaskan bahwa mahasiswa perlu dibentuk berdasarkan rujukan dari profil lulusan yang telah dicanangkan oleh prodi, tanpa bias dari pendidik.

Dekan Prof. Dr. Dyah Erny Herwindiati menyampaikan pada raker kali ini, FTI akan menyusun rangkaian manual standard mutu untuk implementasi kurikulum kampus merdeka, mengadaptasi wacana hasil Raker universitas yang telah diadakan Maret lalu.

Kepada Dekan FEB Dr. Sawidji Widoatmodjo, S.E., M.M., M.B.A. beserta jajaran, Rektor juga berpesan agar tetap bersyukur dan saling mendukung dalam masa menyambut new normal. “Model pembelajaran yang baru perlu disiapkan untuk mendukung para mahasiswa, khususnya mahasiswa baru dari luar daerah yang mungkin menghadapi kendala untuk hadir ke kampus.”

Fakultas Kedokteran (FK) Untar melaksanakan raker secara online melalui aplikasi Zoom, Selasa (16/6). Pada kesempatan ini, pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan berdiskusi rencana tahun ajaran baru serta evaluasi program kerja yang telah terlaksana. Program kerja meliputi bidang akademik, nonakademik, serta pengabdian kepada masyarakat.

dr. Rebekah Malik, M.Pd.Ked. memaparkan evaluasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) serta persiapan menyambut new normal. Menurutnya, PJJ dapat dilanjutkan di tahun ajaran mendatang dengan diiringi optimalisasi. “PJJ telah berjalan dengan baik, meskipun terdapat kendala seperti jaringan dan ketidaksiapan bahan ajar, terutama di perkuliahan yang membutuhkan praktik. Maka, materi ajar perlu dikembangkan lebih baik,” jelasnya.

“Apabila new normal dilaksanakan, maka ada beberapa fasilitas dan protokol kesehatan yang harus disiapkan. Kita semua perlu mematuhi protokol ini dengan ketat,” sambung dr. Rebekah.

Raker Fakultas merupakan agenda rutin tahunan setiap fakultas yang diadakan untuk persiapan menyambut mahasiswa baru serta merancang inovasi program tahunan. Raker fakultas juga telah diadakan beberapa fakultas lain seperti Fakultas Teknik dan Fakultas Psikologi. -SW, JS, AW-

-JS-

16 Juni 2020, KS.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar