Pilih Laman
Jurnal Komunikasi Berkualitas

29 Mei 2020

Oleh: Admin Pusat

Jurnal merupakan media publikasi hasil riset dari berbagai bidang ilmu pengetahuan. Dalam bidang Ilmu Komunikasi, penelitian yang baik adalah penelitian yang memiliki manfaat untuk masyarakat luas dan dapat berbagi ilmu pengetahuan kepada peneliti lain, salah satunya dengan cara mempublikasikan karya ilmiah melalui jurnal.

Sebagai media hasil riset, jurnal menjadi rujukan penelitian lain untuk mengembangan pengetahuan baru akan sebuah fenomena yang terjadi di tengah masyarakat. Oleh sebab itu penting untuk meningkatkan kualitas jurnal, agar masyarakat dapat mengaplikasikan hasil penelitian tersebut dengan baik.

Pemerintah saat ini telah membuat enam klasterisasi untuk menilai kualitas dari sebuah Jurnal. Mulai dari yang tertinggi SINTA 1 yang menunjukan jurnal tersebut sangat berkualitas dan setara dengan jurnal bereputasi internasional, hingga SINTA 6.

Prodi Ilmu Komunikasi senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas Jurnal Komunikasi. Hal tersebut dibuktikan dengan diterbitkannya surat Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Deputi Bidang Penguatan Riset Dan Pengembangan, yaitu Pemberitahuan Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2020 yang menyatakan Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara meraih Akreditasi SINTA 2.

Selaku pengelola jurnal, Ibu Wulan Purnama Sari, S.IKom., M.Si mengucapkan, “Terima kasih kepada Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional atas akreditasi yang telah diberikan kepada Jurnal Komunikasi Fikom Untar. Terima kasih juga kepada seluruh tim penyunting dan mitra bestari atas kerja samanya selama ini.” Dengan diraihnya Akreditasi SINTA 2, dapat memberikan semangat dan motivasi baru kepada seluruh sivitas di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara untuk dapat berkarya dalam mengembangkan Ilmu Komunikasi.