Pilih Laman
Konferensi Internasional Untar Angkat Peran Entrepreneur dalam Pariwisata

8 November 2018

Oleh: Humas UNTAR

(kiri ke kanan) Wakil Rektor Dr. R.M. Gatot P. Soemartono., SH., SE., MM., LL.M,  Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan, Dr. Linda Linchin Lin dan  President Director of Aerowisata Hotels & Resorts  Dr. Ir. Ivan Malik., MM

Universitas Tarumanagara (Untar) Jakarta menyelenggarakan 7th International Conference on Entrepreneurship and Business Management (ICEBM).  Pada penyelenggaraan ini  Untar bekerja sama dengan Universitas Udayana dan tema yang diangkat “The Role of Entrepreneurs in Promoting Tourism and Hospitality Industry”. 

Tema ini dipilih karena selama beberapa tahun terakhir ini pemerintah Indonesia memfokuskan perolehan devisa negara dari sektor industri pariwisata. Sektor pariwisata nasional kini menjadi primadona baru bagi pembangunan nasional. Sumbangan devisa maupun penyerapan tenaga kerja dalam sektor ini amat signifikan bagi devisa negara.   Diperkirakan pada tahun 2019, sektor pariwisata menjadi penyumbang utama devisa utama Indonesia.

Sebagai wujud kepedulian Untar dalam pengembangan sektor pariwisata di Indonesia maupun internasional melalui konferensi ini dapat menjembatani pertukaran informasi, pemikiran, penelitian, maupun praktik bisnis terkini seputar industri pariwisata.

Sebagai pembicara utama President Director of Aerowisata Hotels & Resorts Dr. Ir. Ivan Malik., MM dan Dr. Linda Linchin Lin dari Kun Shan University, Taiwan.  Selaku moderator Dr. R.M. Gatot P. Soemartono., SH., SE., MM., LL.M yang juga menjabat Wakil Rektor Untar. Konferensi yang berlangsung 8-9 November diikuti berbagai peserta dari dalam dan luar negeri antara lain Malaysia, Taiwan, Jerman, dan Vietnam.

Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan yang hadir membuka ICEBM mengatakan melalui konferensi ini dapat membangun kolaborasi internasional terutama pada riset dan publikasi.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama semua pihak termasuk mitra dari Kun Shan University  sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

“Semoga suasana kultur unik dan pemandangan indah dari Bali mampu mendapatkan inspirasi dan pengalaman berharga termasuk membantu pengembangan pariwisata Asia”, pungkasnya.

ICEBM adalah konferensi internasional Untar yang diselenggarakan tiap tahun sejak 2011. Konferensi tahunan ini sebagai bentuk kontribusi Untar dalam memfasilitasi perkembangan ilmu, teknologi, dan seni di bidang ilmu manajemen dan entrepreneurship di kancah internasional, melalui seminar  internasional dan call for paper yang membahas topik-topik terkini bidang ini.

Selain menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri,   konferensi internasional ini juga pernah  diselenggarakan di luar negeri yaitu di Penang, Malaysia; Bangkok, Thailand; Tainan, Taiwan; dan Hanoi, Vietnam.  Pesertanya pun berasal dari akademisi dan praktisi dari dalam dan luar negeri.   ICEBM juga bekerja sama dengan sejumlah jurnal untuk memberi kesempatan bagi pemakalah yang ingin mempublikasikan naskahnya di jurnal ilmiah.

 

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar