Pilih Laman
Seminar FK Untar Upaya Wujudkan Kualitas Hidup Lansia

24 Oktober 2018

Oleh: Humas UNTAR

Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara (FK Untar) menjalankan misi untuk  menyelenggarakan pendidikan kedokteran berlandaskan nilai-nilai Integritas, Profesional, dan Entrepreneurship (IPE) dengan unggulan pada manajemen kesehatan lanjut usia (lansia). Pada peringatan ulang tahun ke-53 FK Untar menyelenggarakan Seminar Nasional bertema “FK UNTAR 2018 Medical Update: Improving Quality of Life in Elderly” , Rabu (25/10) di Auditorium Kampus Untar.

Seminar ini sebagai kontribusi dalam upaya mewujudkan kesehatan lansia yang optimal.  Selain itu juga bentuk peran aktif FK Untar dalam manajemen kesehatan lansia yang komprehensif, mulai dari yang bersifat  preventif, kuratif, promotif hingga  rehabilitatif. Upaya ini dilakukan dengan melibatkan seluruh bagian terkait (interdisiplin), yang bertujuan agar kelompok lansia dapat tetap hidup mandiri dan  produktif dalam menjalani masa tua yang bahagia.

Seperti diketahui bahwa proses menua (aging) merupakan proses alami yang tidak dapat dihindari dalam fase kehidupan manusia. Masalah kesehatan pada lansia berawal dari kemunduran sel-sel tubuh, sehingga fungsi dan daya tahan tubuh menurun dan faktor risiko terhadap penyakit pun meningkat. Beragam masalah kesehatan timbul, yang menyebabkan implikasi klinik berupa penyakit akut dan kronik yang membutuhkan tata laksana yang semakin kompleks.

Hadir sebagai pembicara antara lain  Assoc. Prof. Seong Son,  MD (Gachon University), Dr. dr. Rini Andriani, Sp.S ,  dan Dr. dr. Alfred Sutrisno, Sp.BS (K), FINSS.

Dalam rangkain HUT FK Untar  diadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Lomba Poster bagi dosen dan mahasiswa.  Selain itu peresmian  Laboratorium Biokimia dan Biologi Molekuler serta  Laboratorium Terpadu yang baru saja direnovasi.

Disamping itu dalam rangka  mensosialisasikan dan mengimplementasikan unsur entrepreneurship di lingkungan FK Untar dilakukan peluncuran Smart Card yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dan fasilitas bagi seluruh civitas akademika FK Untar termasuk para alumni yang saat ini jumlahnya sudah mencapai 3.918 dokter.

Rektor Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan mengucapkan selamat untuk Dies Natalis ke 53 FK Untar dan penghargaan atas semua capaian yang telah diperoleh, termasuk telah tersedianya fasilitas pembelajaran yang modern berupa laboratorium terpadu.

Ia juga berharap FK Untar dapat menghasilkan dokter yang berkualitas dan penduli terhadap pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan di daerah-daerah tertinggal di Indonesia.

Seminar dihadiri juga Wakil Rektor Dr. RM. Gatot P. Soemartono., SH., SE., MM., LL.M, Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Dr. Gunardi SH., MH. serta dihadiri dosen,  mahasiswa dan masyarakat umum.