Pilih Laman
Kuliah Tamu “Precast/Prestressed Concrete Systems at Seismic Prone Area in Indonesia”

29 Desember 2016

Oleh: Admin Pusat

Program Magister Teknik Sipil Universitas Tarumanagara mengadakan kuliah dosen tamu untuk mata kuliah Teknik Konstruksi dengan pembicara Bapak Sugeng Wijanto, Ph.D., P.Eng. Direktur PT Gistama Intisemesta.  Topik yang diangkat adalah “Precast/Prestressed Concrete Systems at Seismic Prone Area in Indonesia” .

Dalam kuliahnya beliau menjelaskan tentang beton pracetak. Banyak keuntungan yang didapat dengan menggunakan beton pracetak pada proyek konstruksi antara lain : mempercepat waktu konstruksi, menghemat biaya, lebih rapi, kualitas material yang dipakai lebih terjamin, mengurangi berat bangunan. Kerugiannya : kolom pracetak dengan panjang 8 m sulit mengangkutnya  dari pabrik ke area proyek konstruksi.

Beton pracetak di Indonesia dewasa ini terus berkembang dan menjadi alternatif metode konstruksi yang menarik dibandingkan dengan sistem pengecoran ditempat

Kuliah ini dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Oktober 2016 bertempat di ruang kelas 1408. Tujuan diadakan kuliah ini adalah untuk menambah wawasan serta pengetahuan mahasiswa-mahasiswi agar dapat menerapkan teori yang didapat selama kuliah.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar