Pilih Laman
Pendidikan Dasar DPM Fakultas Psikologi

11 Desember 2016

Oleh: Admin Pusat

Pendidikan Dasar (Diksar) adalah salah satu kegiatan yang diadakan oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara yang bertujuan untuk menambah pengetahuan mengenai hak dan kewajiban Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiwa (BEM), dan Anggota Muda (AM) Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara. Pendidikan Dasar merupakan kegiatan wajib bagi seluruh pengurus DPM, BEM, dan AM Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara. Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara menyatakan bahwa kegiatan Pendidikan Dasar merupakan salah satu prasyarat untuk menjadi anggota BEM dan DPM Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara. Kegiatan Pendidikan Dasar tahun ini mengangkat tema Home. Adapun maksud dari tema tersebut adalah mewujudkan sinergi organisasi yang harmonis dengan meningkatkan kerjasama, komunikasi, kebersamaan, dan inisiatif antar individu.

Pendidikan Dasar bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada seluruh pengurus DPM, BEM, dan AM secara maksimal dalam hal struktural, fungsional serta sekaligus membangun rasa kekeluargaan dan menumbuhkan keakraban antar sesama anggota di dalam organisasi. Pelatihan secara struktural yang dimaksud dalam acara ini adalah pemberian informasi mengenai struktur organisasi DPM dan BEM serta pelatihan pembuatan proposal dan laporan pertanggung jawaban (LPJ) setiap acara hingga Proposal dan LPJ besar untuk akhir periode. Pendidikan Dasar juga bertujuan untuk memberikan pembelajaran mengenai sejarah silsilah organisasi kemahasiswaan. Pendidikan Dasar  memiliki tujuan lain yaitu sebagai wadah untuk berbagi informasi mengenai  sejarah organisasi oleh pengurus pada periode sebelum-sebelumnya. Serta sekaligus melakukan evaluasi terhadap nilai-nilai yang ditanamkan pada pelatihan yang dilakukan di acara LDK yang dilaksanakan oleh BEM Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara.

Melalui kegiatan Pendidikan Dasar ini, diharapkan seluruh pengurus atau anggota DPM, BEM, dan AM Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara dapat mengerti dan memahami tugas, hak, kewajiban, fungsi, dan sejarah dari masing-masing lembaga. Seluruh peserta juga diharapkan memahami pertauran dan tata tertib dalam organisasi kemahasiswaan. Adapun harapan lain dari kegiatan ini adalah setiap peserta dapat menjalankan dan mengelola organisasi DPM dan BEM secara terstruktur. Hal ini bertujuan agar setiap program kerja yang telah disusun dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan fungsi dari setiap lembaga. Hal lain yang menjadi tujuan diadakannya acara ini adalah agar seluruh pengurus dapat mengembangkan pengetahuan dan kemampuan diri dalam berorganisasi. Selain itu, setiap pengurus  juga diharapkan dapat lebih mengenal satu sama lain atas nama kekeluargaan selama acara ini berlangsung maupun setelah acara yaitu kegiatan berorganisasi selama satu periode kedepan.(M/ENES)

Berita terbaru

Agenda

17 Nov KBGI XIII
17 Nov Seminar Humaniora
24 Nov ICEBM