Pilih Laman
Doktor Baru

3 Agustus 2016

Oleh: Admin Pusat

Dr. Jamaludin Iskak sedang memaparkan disertasinya di hadapan Dewan Penguji

Fakultas Ekonomi Untar kembali mendapatkan dosen yang menyelesaikan S3-nya, menambah panjang daftar dosen-dosen bergelar S3 yang sudah ada

Tahun 2016 sepertinya menjadi tahun panen raya dosen bergelar doktor bagi Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara (FE Untar). Hanya berselang satu minggu, pada tahun ini ada dua dosen yang teleh menyelesaikan program S3-nya. Mereka adalah Dr. Cokki dan Dr. Jamaludin Iskak. Yang disebut terakhir itu adalah dosen FE Untar yang terbaru yang menyelesaikan program doktoralnya, tepatnya Dr. Jamaludin mempertahankan disertasinya pada 29 Juli lalu. Sebelumnya, Dr. Cokki juga melakukan hal yang sama pada 18 Juli.

Dr. Jamaludin menyelesaikan studi S3 di bidang akuntansi. Dia benar-benar diharapkan oleh FE Untar untuk cepat merampungkan tugas belajar itu. Sebab, di bidang Ilmu Akuntansi, pemegang gelar S3-nya tidak sebanyak di bidang Ilmu Manajemen. Dr. Jamaludin berhasil mendapatkan derajat tertinggi di lingkungan akademis itu dengan karya disertasi berjudul “PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN MUTU, TIME PRESSURE, KOMPETENSI AUDITOR, DAN FAKTOR-FAKTOR KONTEKSTUAL (SEBAGAI VARIABEL MODERASI) TERHADAP KUALITAS AUDIT, SURVEI PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK & AKUNTAN PUBLIK-PROFESI PENUNJANG PASAR MODAL DI INDONESIA”. Disertasi ini dipertahankan hadapan tim penguji di Program Pasca Sarjana Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Padjadjaran, Bandung.

Di bawah bimbingan Ketua Tim Promotor Prof. Dr. Hj. Ilya Avianti, SE, Msi, Ak, CPA, CA, beserta Tim Promotor yang terdirsi Dr. Hj. Roebiandini Sumantri, SE, MS, Ak, CPA dan Dr. Poppy Sofia K., SE, MSA, Ak, CPA, Dr. Jamaludin berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan tim penguji yang terdiri: Prof. Dr. Hj. Ida Suraida, SE, MS, Ak, Dr. Srihadi Winarningsih, SE, MS, Ak dan Dr. Ludovicus Sensi Wondabio, CPA, Ak, dengan predikat memuaskan.

Dr. Jamaludin menyelesaikan studi S3-nya dalam waktu lima tahun. “akhirnya selesai juga” kata Dr. Jamaludin saat menerima ucapan selamat dari rekan-rekan dosennya yang mengantarkan dan menyimak dengan tekun prosesi promosi doktor yang memakan waktu sekitar dua jam itu. Dr. Jamaludin mengakui, bahwa dirinya cukup lama dalam menyelesaikan tugas belajarnya itu, meskipun sekarang sudah merasa lega. Waktu yang lama dan energi yang melelahkan terbayar sudah dengan gelar Dr. di depan namanya.

Selamat Dr. Jamaludin Iskak. Keluarga besar FE Untar menyambut keberhasilan Anda dengan penuh suka cita dan penuh harapan agar ilmu yang sudah Anda dapatkan bisa digunakan untuk meningkatkan mutu pengajaran di lingkungan FE Untar. Sehingga lulusan FE Untar bisa memiliki daya saing yang tinggi demi kemajuan bangsa Indonesia. Amin!