Pilih Laman
Studi Ekskursi MK Studio Proses dan Studio Pengembangan Magister Teknik Perencanaan,

23 Mei 2016

Oleh: Admin Pusat

Program Studi Magister Teknik Perencanaan kembali melakukan kegiatan studi ekskursi yang sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap semester untuk mata kuliah Studio Proses dan Studio Pengembangan. Studi Ekskursi kali ini diikuti oleh 20 orang mahasiswa serta didampingi oleh koordinator mata kuliah, yaitu Farrell Nathan, S.T., M.T. dan Jessica Tjandra, S.T., M.T.

Studi Ekskursi kali ini dilaksanakan pada tanggal 2 April 2016. Peserta studi ekskursi mengunjung 3 proyek pengembangan di Jakarta. Kunjungan pertama yaitu ke UOB Tower di Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat. Di UOB Tower, rombongan MTP diterima langsung oleh BapaK Stephanus Satriyo selaku General Manager Building Management dan Ibu Amelia Kusuma selaku Senior Structural Engineer. Pada kunjungan yang pertama ini kami dijelaskan mengenai konsep pengembangan Thamrin Nine, yaitu phase 2 pengembangan UOB pada lahan di belakang UOB Tower yang saat ini sedang dalam tahap konstruksi. Selain itu, kami juga dijelaskan mengenai kerjasama UOB dan MRT sehingga kedepannya UOB Tower dapat terkoneksi langsung dengan stasiun MRT.

Kunjungan kedua, yaitu mengunjungi Wisma BNI 46, di mana kami langsung diterima oleh Ibu Dra. Tuti Heryadi Kurniawan, M.T. salah satu alumni MTP selaku Marketing Manager, Bapak Natanael Wibowo, S.T. selaku Assistant Manager, Bapak Hardiyanto Rusli selaku Senior Architect dan Ibu Sri Hapsari selaku Deputy Chief Customer Service. Pada kunjungan ini, kami belajar mengenai sistem pengelolaan bangunan wisma BNI 46 dan BNI city. Selain itu, kami juga belajar bagaimana wisma BNI 46 dapat tetap mempertahankan nilainya setelah sekian lama berdiri.

Kunjungan yang ketiga/ terakhir yaitu mengunjungi pengembangan kawasan Ancol. Pada kunjungan ini kami diterima oleh Bapak Joni dan tim. Saat presentasi dan diskusi kami membahas mengenai karakter penghuni yang tinggal di kawasan Ancol serta problem kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol di mana orang yang datang dan masuk ke kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol berasal dari beragam kelas ekonomi, yaitu dari kelas ekonomi bawah hingga kelas ekonomi atas. Selain itu kami juga diberi kesempatan meninjau lapangan yaitu melihat pengembangan town house.

Dalam ketiga kunjungan ini mahasiswa mendapatkan penjelasan langsung dari pakar yang bekerja di lapangan mengenai rencana pengembangan baik skala kecil maupun skala besar/ kawasan serta pengelolaan bangunan. Di samping itu, mahasiswa juga dapat belajar dari kasus-kasus nyata serta mendapatkan insight dari penjelasan-penjelasan yang diberikan.

 

Berita terbaru

Agenda

17 Nov KBGI XIII
17 Nov Seminar Humaniora
24 Nov ICEBM