Pilih Laman
Literasi New Media Dalam Membangun Generasi Muda

1 April 2015

Oleh: Admin Pusat

Dalam rangka membangun dan menciptakan kesadaran akan peran penting media pada masa sekarang ini, khususnya bagi generasi muda, Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKom) Universitas Tarumanagara Jakarta yang diwakili oleh dosen yaitu;Sinta Paramita, SIP, MA, Suzy Azeharie, MA, MPhil, dan Wulan Purnama Sari Jaya Putra, S.I.Kom telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dengan tema : Literasi New Media Dalam Membangun Generasi Muda di SMAN 1 Makassar, JL. Gunung Bawakaraeng no. 53, Kecamatan Bontoala, Kabupaten Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan ini merupakan bagian pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi yang akan melibatkan dosen dilingkungan FIKom UNTAR.

SMAN 1 Makassar, Kecamatan Bontoala, Kabupaten Kota Makassar, merupakan sebuah sekolah yang terletak dipusat kota Makassar, dan telah menjadi salah satu sekolah favorit di Indonesia bagian timur. Sekolah SMAN 1 Makassar (SMANSA) telah aktif dalam menggunakan media, khususnya new media dalam berbagai bentuk media online mulai dari website sekolah, page di social media Facebook, dan blog. Sekolah SMAN 1 bahkan memiliki kegiatan ekstrakuliker Cyber Information Technology of SMANSA yang memfokuskan diri pada teknologi informasi. Kondisi sekolah yang aktif terlibat menggunakan media inilah yang menjadi alasan mengapa sekolah ini perlu mendapatkan literasi mengenai new media.

Pendekatan pemberdayaan masyarakat sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesadaran dan pengetahuan. Dengan kegiatan ini, diharapkan para siswa SMAN 1 Makassar memiliki kesadaran dan pengetahuan tentang new media untuk memahami peranan dan fungsinya serta bahayanya. Bahkan program yang positif ini, dapat ditularkan kesekolah-sekolah lainnya. Dengan demikian generasi muda dapat membangun dan menciptakan kesadaran akan peran media dalam kehidupan bermasyarakat yang berkelanjutan baik kuantitas maupun kualitas, yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh para siswa sebagai generasi muda. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa dapat meningkatkan pengetahuan, informasi dan kreativitas dalam menggunakan segala bentuk new media serta memiliki kemampuan berkomunikasi yang efektif. Selain itu, kegiatan yang dilakukan diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada siswa sekolah SMAN 1 Makassar dalam menggali potensi-potensi pengetahuan yang ada di sekitarnya dan mengkomunikasikan hasil yang diperoleh kepada pihak-pihak lain.

Tiga aspek penting yang menjadi fondasi utama pemberdayaan masyarakat yaitu pengetahuan, informasi dan kreativitas (inovasi. Ketika aspek tersebut merupakan faktor-faktor yang diperlukan dalam membangun pengetahuan generasi muda sebagai penerus bangsa. Meliputi upaya untuk membangun dan mengembangkan ketiga hal yang dimaksud. Untuk mencapai ketiga hal yang dimaksud maka implementasi program antara lain meliputi penguatan terhadap bahaya new media melalui upaya menciptakan kesadaran bahwa media memiliki sisi negatif, dengan memberikan contoh kegiatan ceramah terkait literasi new media dan penggunaan new media secara maksimal.

Keterlibatan FIKom UNTAR, dengan dukungan berbagai pihak diharapkan dapat menjadi partner pemerintah, industri dalam menumbuh kembangkan kesadaran mengenai literasi new media di sekolah SMAN 1 Makassar.