Pilih Laman
Stealth Marketing sebagai Strategi E-Branding

17 Februari 2015

Oleh: Admin Pusat

Keberadaan akun Youtube sebagai suatu wilayah publik virtual memungkinkan siapa saja untuk terlibat di dalam diskursus inkognito. Perlahan tapi pasti, bentuk komunikasi baru ini melahirkan fenomena yang khas dengan permasalahan-permasalahan baru yang tidak terduga. Artikel ini mengkaji salah satu akun Youtube dengan hit menakjubkan, yaitu akun Youtube grup band Hijau Daun. Akun yang diunggah pada tahun 2008 ini pada bulan Juni 2011 dilihat oleh lebih dari lima juta orang, pada tanggal 30 November 2011, angka ini menanjak fantastis mendekati enam setengah juta hit. Menarik untuk menelusuri berbagai kemungkinan dibalik data ini dengan menggunakan kerangka berpikir komunikasi marketing virtual, khususnya konsep “stealth” marketing. Pengkajian dilakukan berdasarkan hasil analisis isi. Artikel ini juga membahas isu etika komunikasi. Dalam kajian ini akhirnya menyimpulkan sekilas bahwa dunia yang semakin berlebihan akan realitas bisa menjadi strategi marketing yang mengarahkan pada pro/kontra menjadi indikasi salah satu strategi stealth marketing sebagai strategi e-branding untuk memposisikan Grup Band Hijau Daun sebagai grup band yang masih populer. Analisis ini menunjukkan perlunya penelitian lebih lanjut melibatkan akademisi di bidang IT, komunikasi dan marketing, duduk bersama dalam pengaturan konten komunikasi di dalam dunia maya untuk menghindari berbagai bentuk penipuan maupun rekayasa alamiah atau masalah etika dalam berkomunikasi online.

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar