Pilih Laman
Pentingnya Mahasiswa Aktif di Luar Kampus

12 Juni 2024

Oleh: Admin

Sebagai mahasiswa, kehidupan di kampus tentu menjadi pusat dari aktivitas sehari-hari, mulai dari perkuliahan, diskusi kelompok, hingga kegiatan organisasi.

Namun, berpartisipasi dalam kegiatan di luar kampus juga tak kalah penting. Mengapa demikian?

Berikut beberapa alasan mengapa mahasiswa perlu berkegiatan di luar kampus, termasuk melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Pengembangan Soft Skills

Di luar kampus, mahasiswa memiliki peluang untuk mengembangkan soft skills seperti komunikasi, kepemimpinan, dan kerja sama tim.

Misalnya, terlibat dalam komunitas sosial atau organisasi non-profit dapat mengasah kemampuan berkomunikasi dengan berbagai lapisan masyarakat, sekaligus belajar bekerja dalam tim yang beragam.

Soft skills ini sangat berharga di dunia kerja, di mana kemampuan berinteraksi dan berkolaborasi sering kali menjadi kunci sukses.

Melalui MBKM, mahasiswa dapat mengikuti program magang, pertukaran pelajar, atau proyek kemanusiaan yang berkontribusi pada pengembangan soft skills.

Jaringan dan Relasi

Kegiatan di luar kampus membuka peluang untuk memperluas jaringan dan relasi. Mahasiswa dapat bertemu dengan profesional dari berbagai bidang, memperluas koneksi yang mungkin bermanfaat di masa depan.

Relasi ini tidak hanya penting untuk peluang kerja, tetapi juga untuk kolaborasi proyek, mendapatkan mentor, dan berbagi ilmu serta pengalaman.

Program MBKM memungkinkan mahasiswa untuk berinteraksi dengan berbagai mitra industri dan akademis, sehingga memperluas koneksi.

Penerapan Teori ke Praktik

Melalui magang, kerja part-time, atau terlibat dalam proyek-proyek komunitas, mahasiswa dapat menerapkan teori yang dipelajari di kelas ke dalam praktik nyata.

Pengalaman ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bidang studi mereka, serta membantu menghubungkan antara pengetahuan akademis dengan dunia nyata.

MBKM mendukung ini dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terjun langsung dalam proyek-proyek nyata di berbagai sektor.

Pengembangan Diri dan Kemandirian

Kegiatan di luar kampus membantu mahasiswa menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab. Menghadapi tantangan di luar lingkungan akademis mengharuskan mereka untuk berpikir kritis dan mengambil keputusan secara mandiri.

Hal ini sangat penting untuk pengembangan diri dan persiapan menghadapi kehidupan setelah lulus.

MBKM memberikan berbagai opsi kegiatan yang menantang mahasiswa untuk keluar dari zona nyaman dan belajar menghadapi berbagai situasi.

Kontribusi kepada Masyarakat

Terlibat dalam kegiatan sosial atau lingkungan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berkontribusi positif kepada masyarakat.

Ini bukan hanya memberikan dampak baik bagi lingkungan sekitar, tetapi juga memberikan pengalaman berharga dan meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap masyarakat.

Mahasiswa yang aktif dalam kegiatan sosial sering kali menjadi individu yang lebih empatik dan peduli terhadap isu-isu sosial.

Melalui MBKM, mahasiswa dapat ikut serta dalam proyek-proyek pemberdayaan masyarakat, seperti KKN Tematik atau pengabdian di desa.

Untar sendiri memfasilitasi mahasiswanya untuk menjalani MBKM dengan berbagai program, baik mandiri maupun dari program Kampus Merdeka.

Hal ini terbukti dengan penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Penyelenggara MBKM Terbaik dari LLDikti III yang diterima Untar pada tahun 2022.

Aktivitas di luar kampus, termasuk yang disediakan melalui program MBKM, bukan hanya pelengkap dari kehidupan mahasiswa, tetapi merupakan bagian integral yang mendukung pengembangan diri secara holistik.

Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk aktif mencari dan terlibat dalam berbagai kegiatan di luar kampus.

Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya memperkaya pengalaman pribadi, tetapi juga mempersiapkan diri menjadi individu yang siap menghadapi tantangan di masa depan.

Artikel disusun dari beberapa sumber (KJ/AW/KJ)

Berita terbaru

Agenda

 

16-24 Jul PEKERTI Batch 2 2024
18 Jul International Seminar: Antibiotics Resistance
31 Jul Batas Akhir Pendaftaran Mahasiswa Baru 2024/25
14-16 Aug PKKMB Untar 2024/25
17 Aug HUT ke-79 Proklamasi RI