Pilih Laman
Kenali Perbedaan Metode Kualitatif dan Kuantitatif

7 Juni 2024

Oleh: Admin

Dok: prathanchorruangsak on Envato Elements

Dalam dunia penelitian, terdapat dua metode utama yang sering digunakan, yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Kedua metode ini memiliki pendekatan yang berbeda dalam mengumpulkan dan menganalisis data.

Memahami perbedaan antara keduanya sangat penting bagi para peneliti untuk menentukan metode mana yang paling cocok untuk penelitian mereka.

Mari kita kenali lebih dalam perbedaan antara metode kualitatif dan kuantitatif.

Metode Kualitatif

Waruwu (2023) mengungkapkan bahwa metode kualitatif berfokus pada eksplorasi mendalam terhadap fenomena sosial dan perilaku manusia. Metode ini sering digunakan untuk memahami perspektif individu atau kelompok, serta konteks di balik tindakan dan keputusan mereka.

Pendekatan ini umumnya dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap narasumber hingga tercapai saturasi data, dikutip dari Widjaja (2017).

Berikut beberapa karakteristik utama dari metode kualitatif.

1. Data Deskriptif
Data yang dikumpulkan biasanya berbentuk teks, seperti transkrip wawancara, catatan observasi, dan dokumen.

2. Pendekatan Terbuka
Pertanyaan penelitian dalam metode kualitatif cenderung terbuka dan fleksibel, memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi topik secara mendalam.

3. Analisis Tematik
Data dianalisis melalui identifikasi tema atau pola yang muncul dari data tersebut.

4. Sampel Kecil
Metode ini sering melibatkan sampel yang lebih kecil, tetapi mendalam. Hal ini bertujuan mendapatkan wawasan yang lebih detail dan komprehensif.

Contoh penggunaan metode kualitatif adalah penelitian tentang pengalaman pasien dalam sistem pelayanan kesehatan.

Melalui wawancara mendalam, peneliti mendapat pemahaman yang lebih baik tentang perasaan dan persepsi pasien.

Metode Kuantitatif

Di sisi lain, Jailani (2023) menjelaskan bahwa metode kuantitatif berfokus pada pengukuran dan analisis data numerik. Metode ini sering digunakan untuk menguji hipotesis, mengukur variabel, dan menentukan hubungan antar variabel.

Berikut beberapa karakteristik utama dari metode kuantitatif.

1. Data Numerik
Data yang dikumpulkan biasanya berbentuk angka, seperti hasil survei, data eksperimen, dan statistik.

2. Pendekatan Terstruktur
Pertanyaan penelitian dengan metode kuantitatif cenderung tertutup dan spesifik, dengan desain penelitian yang terstruktur.

3. Analisis Statistik
Data dianalisis menggunakan teknik statistik untuk mengidentifikasi hubungan dan perbedaan yang signifikan.

4. Sampel Besar
Metode ini sering melibatkan sampel yang lebih besar untuk memastikan hasil yang dapat digeneralisasi ke populasi yang lebih luas.

Contoh penggunaan metode kuantitatif adalah survei nasional tentang kebiasaan konsumsi media. Hal ini melibatkan data numerik dari ribuan responden yang dapat memberikan gambaran yang lebih luas tentang tren dan pola perilaku.

Pemilihan Metode yang Tepat

Pemilihan antara metode kualitatif dan kuantitatif bergantung pada tujuan penelitian, pertanyaan penelitian, dan jenis data yang dibutuhkan.

Dalam beberapa kasus, peneliti dapat menggabungkan kedua metode ini dalam pendekatan campuran untuk mendapatkan wawasan yang lebih komprehensif.

Memahami perbedaan antara metode kualitatif dan kuantitatif adalah langkah penting dalam proses penelitian.

Metode kualitatif memberikan pemahaman mendalam tentang fenomena sosial, sementara metode kuantitatif menyediakan data yang dapat diukur dan dianalisis secara statistik.

Dengan memilih metode yang tepat, peneliti dapat menghasilkan temuan yang lebih valid dan relevan. (KJ/AW/KJ)

 

Referensi

Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.

Prajitno, S. B. (2013). Metodologi penelitian kuantitatif. Jurnal. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.(tersedia di http://komunikasi. uinsgd. ac. id).

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.

Widjaja, Y. (2017). Pemanfaatan Kuis Sebagai Asesmen Formatif Dalam Pembelajaran Blok Di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 1(2), 39-50.

Berita terbaru

Agenda