Pilih Laman
Dari Untar untuk Bumi, Aksi Nyata Dukung Restorasi Lahan dan SDGs

5 Juni 2024

Oleh: Admin

Dok: Humas Untar – AW

Setiap tahunnya, tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Tahun ini, tema yang diangkat adalah “Land restoration, desertification and drought resilience” atau “Restorasi lahan, penggurunan, dan ketahanan terhadap kekeringan,” dilansir dari laman resmi United Nations Environment Programme (UNEP).

Arab Saudi akan menjadi tuan rumah perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, dengan fokus pada upaya restorasi lahan yang merupakan salah satu pilar utama Dekade Restorasi Ekosistem PBB (2021-2030).

Restorasi Lahan Jadi Kunci Atasi Penggurunan dan Kekeringan

Restorasi lahan merupakan langkah proaktif untuk melindungi dan menghidupkan kembali ekosistem yang sangat penting bagi kehidupan di bumi.

Masalah kekeringan // Dok: piyaset on gettyimages

Penggurunan dan kekeringan merupakan masalah serius yang mengancam kesejahteraan manusia dan ekosistem di seluruh dunia.

Upaya ini bertujuan mengembalikan fungsi alami ekosistem, meningkatkan produktivitas tanah, serta menjaga keanekaragaman hayati. Hal ini merupakan upaya dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) yang telah dicanangkan oleh PBB.

Peran Untar dalam Mendukung SDGs

Untar turut berperan aktif dalam mendukung pencapaian SDGs melalui berbagai kegiatan lingkungan.

Pada Selasa (30/4), Untar berkolaborasi dengan Seasoldier Foundation menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon mangrove dan pembersihan pantai di Pantai Tanjung Pasir, Teluknaga, Tangerang.

Kegiatan ini melibatkan dosen, mahasiswa, dan karyawan Untar yang bersama-sama menanam 650 bibit mangrove dan membersihkan sampah di sekitar pantai.

Penanaman mangrove oleh Untar // Dok: Humas Untar – AW

Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng. mengungkapkan bahwa Untar senantiasa mendukung pencapaian SDGs yang selalu digaungkan dengan berbagai aktivitas, salah satunya melalui kegiatan tersebut.

Acara ini merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat serta kontribusi Untar terhadap SDG ke-14 (Kehidupan di Laut) dan ke-15 (Kehidupan di Darat).

Peran Kita dalam Restorasi Lahan

Tak hanya Untar, kita juga memiliki peran penting dalam pencapaian SDGs, salah satunya melalui upaya restorasi lahan, sebagai berikut.

1. Mendukung Program Reboisasi
Ikut serta dalam program penanaman pohon dapat membantu memulihkan lahan yang terdegradasi.

2. Mengurangi Jejak Karbon
Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan beralih ke transportasi ramah lingkungan dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca.

Penggunaan air // Dok: andriymedvediuk on Envato Elements

3. Penggunaan Air secara Bijak
Menghemat penggunaan air dalam kegiatan sehari-hari membantu menjaga ketersediaan air di masa depan.

4. Edukasi dan Kesadaran
Menyebarkan informasi dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya restorasi lahan kepada keluarga, teman, dan komunitas sekitar.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah kesempatan emas bagi kita semua untuk mengambil tindakan nyata terhadap perlindungan dan pemulihan ekosistem kita.

Dengan tema “Restorasi Lahan, Penggurunan, dan Ketahanan terhadap Kekeringan,” kita diingatkan bahwa masa depan yang berkelanjutan bergantung pada upaya kolektif untuk menjaga dan memulihkan lingkungan kita.

Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Mari bersama-sama berkontribusi dalam menjaga bumi. Satu langkah kecil pada satu waktu, demi masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan.

Artikel disusun dari beberapa sumber (KJ/AW/KJ)

Berita terbaru

Agenda