Pilih Laman
Mengenang Pesona Kartini, Perempuan Hebat Indonesia

21 April 2024

Oleh: Admin

Ilustrasi: Kementerian Komunikasi dan Informatika

Bangsa Indonesia merayakan Hari Kartini setiap tanggal 21 April untuk menghormati salah satu tokoh perempuan paling berpengaruh dalam sejarah Indonesia.

Raden Ayu Adipati Kartini Djojoadhiningrat, atau lebih dikenal sebagai Raden Ajeng Kartini, telah menjadi simbol perjuangan perempuan Indonesia untuk kesetaraan gender dan pendidikan.

Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di Jepara, Jawa Tengah. Meskipun hidup pada zaman yang konservatif dan patriarkis, Kartini menunjukkan semangat perlawanan terhadap diskriminasi gender dan menekankan pentingnya pendidikan bagi perempuan.

Terlepas dari keterbatasan yang dihadapi pada zamannya, Kartini terus berjuang untuk mendapatkan pendidikan dan memperjuangkan hak-hak perempuan.

Kartini tidak hanya menjadi pelopor dalam perjuangan pendidikan bagi perempuan, tetapi juga aktif memperjuangkan hak-hak perempuan lainnya, seperti kesetaraan gender dan akses terhadap pekerjaan.

Tulisannya yang diabadikan dalam buku kumpulan surat “Habis Gelap Terbitlah Terang” menjadi inspirasi bagi banyak perempuan Indonesia untuk mengejar cita-cita dan meraih kesetaraan.

Selain itu, sosok Kartini juga dikenang melalui berbagai karya seni, termasuk lagu. Salah satu lagu yang paling dikenal adalah “Ibu Kita Kartini”. Lagu ini telah menjadi lambang semangat perjuangan Kartini dan inspirasi bagi generasi muda Indonesia.

Meskipun lebih dari seabad telah berlalu sejak Kartini wafat, semangatnya tetap hidup dan relevan hingga saat ini. Di era modern ini, semangat Kartini terus menginspirasi banyak perempuan Indonesia untuk mengambil peran aktif dalam pembangunan negara, baik dalam bidang pendidikan, ekonomi, maupun sosial.

Sebagai bagian dari peringatan Hari Kartini, mari kita semua menggali inspirasi dari perjuangan dan semangat Kartini untuk terus berjuang memajukan perempuan Indonesia.

Dengan mengedepankan nilai-nilai kesetaraan, keadilan, dan pendidikan, kita dapat menciptakan masa depan yang lebih baik bagi generasi-generasi mendatang.

Hari Kartini bukan hanya tentang mengenang masa lalu, tetapi juga tentang merenungkan makna dan nilai-nilai yang telah diperjuangkan oleh Kartini untuk kemajuan bangsa.

Mari kita terus menginspirasi satu sama lain dan mewujudkan mimpi Kartini untuk Indonesia yang lebih baik dan lebih adil bagi semua.

Selamat Hari Kartini.

Artikel disusun dari beberapa sumber (KJ/AW/KJ)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week