Pilih Laman
Tradisi Lebaran, Silaturahmi hingga Ketupat dan Rendang

9 April 2024

Oleh: Admin

Ilustrasi: @odua on Freepik

Hari Raya Idulfitri merupakan momen yang sangat dinanti-nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Di Indonesia, hari raya ini disebut juga dengan Lebaran.

Lebaran bukan hanya sekadar perayaan agama, tetapi juga menjadi kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga, merayakan kebahagiaan, dan mempererat hubungan antar sesama.

Berikut adalah beberapa tradisi yang membuat Lebaran menjadi lebih istimewa.

1. Bersilaturahmi
Tradisi silaturahmi merupakan salah satu nilai yang sangat penting dalam budaya Indonesia, terutama saat Lebaran. Momen ini menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi kerabat, tetangga, dan teman-teman yang mungkin tidak sempat bertemu sehari-hari. Kunjungan ini tidak hanya sekadar menyampaikan ucapan selamat Lebaran, tetapi juga sebagai bentuk menjaga tali silaturahmi dan mempererat hubungan antar sesama.

2. Bermaaf-maafan
Lebaran juga merupakan waktu yang tepat untuk saling memaafkan. Tradisi meminta maaf dan memberi maaf menjadi bagian penting dari perayaan ini. Dengan bermaaf-maafan, kita dapat membersihkan hati dari dendam dan kebencian, serta memulai lembaran baru dengan penuh kebahagiaan dan kedamaian.

3. Shalat Idulfitri
Salah satu tradisi ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim di pagi hari Lebaran adalah shalat Idulfitri. Ramai umat Muslim berkumpul di masjid atau lapangan terbuka untuk bersama-sama melakukan shalat berjamaah. Selain sebagai ibadah, shalat Idulfitri juga menjadi kesempatan untuk bertemu dengan teman-teman dan sanak keluarga yang lain.

4. Hidangan Lebaran
Tidak lengkap rasanya merayakan Lebaran tanpa hidangan khas Lebaran. Makanan seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan kue-kue tradisional menjadi hidangan yang sangat dinanti-nantikan. Berbagai hidangan ini tidak hanya menjadi simbol perayaan, tetapi juga menjadi pengikat dalam berkumpul bersama keluarga dan kerabat.

Lebaran adalah momen yang istimewa, dengan kebahagiaan, kebersamaan, dan kerukunan yang dapat dirasakan oleh semua orang.

Melalui tradisi-tradisi yang dilakukan, kita dapat memperkuat hubungan dengan sesama dan merayakan keberagaman budaya yang ada.

Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga hari yang fitri ini membawa kebahagiaan dan berkah bagi kita semua.

Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H.

Artikel disusun dari beberapa sumber (KJ/AW/KJ)

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week