Pilih Laman
Kenal Lebih Jauh 17 Tujuan SDGs

15 Desember 2023

Oleh: Admin

Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan kesepakatan global dan nasional yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ditetapkan pada Sidang Umum PBB pada September 2015, SDGs mencakup 17 tujuan dan sasaran global tahun 2030 yang diakui oleh negara-negara, baik yang maju maupun berkembang.

Kesepakatan ini menandai komitmen bersama untuk mencapai perubahan positif dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat secara global.

SDG 1 – No Poverty (Tanpa Kemiskinan)
Bertujuan untuk mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuk di seluruh dunia pada tahun 2030. Fokus pada upaya pengentasan kemiskinan ekstrem dan pemberdayaan mereka yang hidup dalam kondisi rentan.

SDG 2 – Zero Hunger (Tanpa Kelaparan)
Menargetkan penghapusan kelaparan, mencapai keamanan pangan, meningkatkan nutrisi, dan mendukung pertanian berkelanjutan. Tujuan ini berkomitmen untuk memastikan semua orang memiliki akses ke makanan yang cukup, aman, dan bergizi.

SDG 3 – Good Health and Well-being (Kehidupan Sehat dan Sejahtera)
Memprioritaskan kesehatan umum dan kesejahteraan masyarakat. SDG ini mencakup upaya untuk mengurangi angka kematian, mengendalikan penyebaran penyakit menular, serta meningkatkan akses ke pelayanan kesehatan yang terjangkau.

SDG 4 – Quality Education (Pendidikan Berkualitas)
Bertujuan untuk memastikan akses pendidikan yang inklusif, setara, dan berkualitas untuk semua. Fokus pada peningkatan kualitas pendidikan, pemberdayaan guru, dan penyediaan peluang pendidikan sepanjang hidup.

SDG 5 – Gender Equality (Kesetaraan Gender)
Menargetkan pencapaian kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Tujuan ini mencakup penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan dan anak perempuan, serta memastikan partisipasi yang setara dalam semua bidang.

SDG 6 – Clean Water and Sanitation (Air Bersih dan Sanitasi Layak)
Mencita-citakan akses universal terhadap air bersih dan sanitasi yang aman. Tujuan ini berfokus pada pengelolaan air yang berkelanjutan, pengendalian polusi air, dan pengurangan jumlah orang yang tidak memiliki akses ke fasilitas sanitasi yang layak.

SDG 7 – Affordable and Clean Energy (Energi Bersih dan Terjangkau)
Menargetkan pemberian akses universal terhadap energi yang terjangkau, handal, berkelanjutan, dan modern. SDG ini juga mencakup promosi energi terbarukan dan efisiensi energi.

SDG 8 – Decent Work and Economic Growth (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi)
Bertujuan untuk menciptakan pekerjaan yang layak, pertumbuhan ekonomi inklusif, dan perlindungan sosial bagi semua. Tujuan ini menekankan pentingnya menciptakan peluang pekerjaan produktif dan kondisi kerja yang layak.

SDG 9 – Industry, Innovation and Infrastructure (Industri, Inovasi dan Infrastruktur)
Menargetkan pembangunan infrastruktur yang kokoh, promosi inovasi, dan pembangunan industri yang berkelanjutan. SDG ini berupaya mencapai pertumbuhan ekonomi inklusif melalui industrialisasi yang berkelanjutan.

SDG 10 – Reduced Inequalities (Berkurangnya Kesenjangan)
Mencita-citakan pengurangan kesenjangan dalam dan antara negara, serta mempromosikan inklusivitas. Fokus pada pemberdayaan kelompok-kelompok yang rentan dan pengurangan ketidaksetaraan dalam pendapatan.

SDG 11 – Sustainable Cities and Communities (Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan)
Bertujuan untuk membuat kota dan pemukiman manusia inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan. Fokus pada perencanaan tata kota yang baik, akses terhadap transportasi umum, serta perlindungan dan pemulihan warisan budaya.

SDG 12 – Responsible Consumption and Production (Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab)
Mencita-citakan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan. Tujuan ini menekankan pentingnya efisiensi sumber daya, pengelolaan limbah yang tepat, dan pengembangan produk yang ramah lingkungan.

SDG 13 – Climate Action (Penanganan Perubahan Iklim)
Menargetkan upaya global untuk mengatasi perubahan iklim dan dampaknya. Tujuan ini mencakup pengurangan emisi gas rumah kaca, adaptasi terhadap perubahan iklim, dan peningkatan ketahanan terhadap bencana alam.

SDG 14 – Life Below Water (Ekosistem Lautan)
Bertujuan untuk melestarikan dan menggunakan secara berkelanjutan sumber daya laut. Fokus pada perlindungan ekosistem laut, pengurangan polusi plastik, dan penanggulangan praktik perikanan yang merugikan.

SDG 15 – Life on Land (Ekosistem Daratan)
Mencita-citakan pengelolaan hutan, pemulihan lahan yang terdegradasi, dan pelestarian keanekaragaman hayati. SDG ini menekankan perlindungan ekosistem daratan dan pengendalian invasi spesies asing.

SDG 16 – Peace, Justice and Strong Institutions (Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh)
Bertujuan untuk mempromosikan perdamaian, keadilan, dan institusi yang kuat. Tujuan ini mencakup pengurangan kekerasan, akses setara terhadap sistem hukum, dan pemberantasan korupsi.

SDG 17 – Partnerships for the Goals (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan)
Menargetkan peningkatan kerjasama internasional dalam pencapaian SDGs. Fokus pada pengembangan kapasitas, transfer teknologi, dan dukungan keuangan untuk memastikan keberlanjutan upaya pembangunan.

Keseluruhan tujuan SDGs mencerminkan komitmen global untuk mencapai pembangunan berkelanjutan yang menyeluruh dan merata di seluruh dunia.

Sebagai salah satu universitas tertua, terbesar, dan terbaik di Indonesia, Untar juga turut serta aktif menjalankan berbagai kegiatan yang mendukung tercapainya SDGs sesuai dengan tagline “Untar untuk Indonesia, Untar untuk Dunia”. Untar menunjukkan komitmennya dengan mempublikasikan segala kegiatan terkait SDGs sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap publik.

Informasi lengkap dapat diakses melalui https://untar.ac.id/sdg/ yang menjadi jendela transparansi Untar dalam mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan.

Berita terbaru

Agenda

21 Feb Perayaan Imlek Untar
26 Feb Awal Semester Genap TA 2023/2024