Pilih Laman
Jalin Mitra dengan PTS Filipina Perkuat Reputasi Internasional Untar

11 Desember 2023

Oleh: Admin

Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng. melakukan kunjungan ke Filipina dalam rangka penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan berbagai perguruan tinggi swasta (PTS) Filipina.

Kunjungan bersama para pimpinan PTS ini difasilitasi oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDikti III) dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Filipina, guna peningkatan mutu pendidikan tinggi di Indonesia. Rombongan berada di Manila selama tiga hari sejak 11 Desember 2023.

Selain melakukan kunjungan ke berbagai kampus, juga dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) dengan beberapa PTS di Filipina yaitu UST Angelicum College, Mapua University, University of Perpetual Help System Dalta – Calamba Campus, serta Far Eastern University di kantor KBRI. Disaksikan Duta Besar Indonesia untuk Filipina Letnan Jenderal TNI (Purn.) Agus Widjojo dan perwakilan LLDikti III.

Rektor Untar secara khusus mengapresiasi LLDikti III dan KBRI untuk Filipina yang telah memfasilitasi kolaborasi antara Untar, perguruan tinggi di Indonesia, dan berbagai PTS di Filipina.

“Untar berkomitmen memanfaatkan kerja sama ini guna membangun reputasi bersama melalui kegiatan pertukaran dosen, mahasiswa, serta kolaborasi dalam kegiatan Tridarma perguruan tinggi dan akselerasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ucapnya.

Menurut Rektor, kerja sama ini merupakan implementasi dari tagline “Untar untuk Indonesia, Untar untuk Dunia”. Harapannya, kerja sama ini dapat segera diimplementasikan melalui berbagai kegiatan yang telah disepakati bersama untuk meningkatkan reputasi dan keunggulan perguruan tinggi yang terlibat.

Sementara itu, Agus Widjojo menegaskan bahwa KBRI mendukung penuh kerja sama antara perguruan tinggi Indonesia dan Filipina. “KBRI berkomitmen untuk memfasilitasi kerja sama ini dan mengharapkan MoU dapat segera diimplementasikan,” jelasnya.

Kolaborasi antara Untar dan PTS di Filipina melibatkan sejumlah kegiatan, termasuk riset bersama, pertukaran mahasiswa dan dosen, serta pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) bersama. Selain itu, kerja sama ini juga mencakup magang internasional, dual degree, dan program-program lain yang terkait dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Selain Untar, kunjungan ini juga diikuti pimpinan Universitas Esa Unggul, Undiknas Denpasar, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Islam Al Azhar Mataram, Universitas YARSI, dan UHAMKA.

Turut serta dalam kunjungan tersebut Kepala Kantor Kerja Sama dan Hubungan International Assoc. Prof. Dr. Hugeng, S.T., M.T. (SMIEEE) dan Kepala Kantor Hubungan Masyarakat Dra. Paula T. Anggarina, M.M. (KJ/AW/YS/KJ)

 

Baca Berita Terkait

 

Menara62.com
Jalin Mitra dengan PTS Filipina Perkuat Reputasi Internasional Untar

Berita terbaru

Agenda

21 Feb Perayaan Imlek Untar
26 Feb Awal Semester Genap TA 2023/2024