Pilih Laman
8 Program MBKM yang Dapat Diketahui Mahasiswa

5 Desember 2023

Oleh: Admin

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) merilis kebijakan Merdeka Belajar sebagai langkah transformasi pendidikan guna menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Indonesia.

Salah satu inisiatif dari kebijakan ini adalah Kampus Merdeka. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan dan menjelajahi dunia di luar kampus sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Dengan berpartisipasi pada program Kampus Merdeka, mahasiswa tidak hanya akan mendapatkan pengakuan konversi SKS, tetapi juga pengalaman berharga di luar lingkungan program studi dan universitas. Mahasiswa juga dapat mengeksplorasi ilmu dari mitra yang berkualitas dan terkemuka.

Terdapat delapan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dapat diikuti mahasiswa:

1. Magang Bersertifikat
Melalui program ini, mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri selama 1-2 semester melalui pengalaman kerja langsung di industri atau dunia profesi. Tidak hanya hard skills yang diperoleh, tetapi juga mengasah soft skills yang krusial dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja.

2. Studi Independen Bersertifikat
Program ini ditujukan bagi mahasiswa yang ingin mengasah kompetensi yang dicari oleh dunia usaha dan industri melalui aktivitas di luar perkuliahan. Selama memenuhi persyaratan dari program yang ditawarkan, mahasiswa dapat mengambil studi lintas disiplin keilmuan.

3. Pertukaran Mahasiswa
Layaknya perkuliahan pada umumnya, program ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan perkuliahan di luar kampus, baik nasional maupun internasional. Kemendikbudristek telah memfasilitasi melalui 2 program, yaitu Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) untuk skala nasional dan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) untuk skala internasional.

4. Mengajar di Satuan Pendidikan
Setelah mendapatkan ilmu melalui perkuliahan, mahasiswa dapat berkontribusi di dunia pendidikan melalui program ini. Kemendikbudristek telah menyediakan program Kampus Mengajar yang bertujuan mempersiapkan mahasiswa dengan beragam keahlian, mahasiswa akan menjadi mitra guru untuk menginovasi pembelajaran, mengembangkan strategi, dan menciptakan model pembelajaran kreatif, inovatif, dan menyenangkan di berbagai sekolah se-Indonesia.

5. Riset atau Penelitian
Program ini ditujukan untuk melatih kemampuan berpikir kritis dan inovasi mahasiswa. Harapannya, mahasiswa mampu meningkatkan keterampilan risetnya, sehingga dapat memberikan kontribusi untuk berbagai disiplin ilmu di tingkat pendidikan tinggi.

6. Proyek Kemanusiaan
Mahasiswa dapat mengembangkan kegiatan kemanusiaan secara mandiri guna mengatasi permasalahan yang ada sesuai dengan minat dan keahliannya masing-masing melalui program ini.

7. Wirausaha Merdeka
Program ini membuka peluang bagi mahasiswa untuk belajar dan berkembang sebagai calon wirausahawan melalui kegiatan di luar perkuliahan. Melalui kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi, mahasiswa akan terlibat dalam pembelajaran kewirausahaan yang membangun semangat berwirausaha, mendapatkan pengalaman wirausaha, dan meningkatkan kemampuan kerja mahasiswa.

8. Membangun Desa / KKN Tematik
Mahasiswa akan diajak untuk aktif berkontribusi terhadap masyarakat melalui program ini. Tidak hanya mengasah soft skills, tetapi juga membangun kolaborasi lintas disiplin ilmu dan kepemimpinan mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah pedesaan.

Perlu diketahui bahwa masing-masing program memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda.

Informasi lebih lanjut terkait 8 program MBKM dapat dilihat di https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/

Berita terbaru

Agenda

21 Feb Perayaan Imlek Untar
26 Feb Awal Semester Genap TA 2023/2024