Pilih Laman
Untar Dukung IKDKI Kembangkan Pendidikan Indonesia

25 November 2023

Oleh: Admin Pusat

Untar menjadi tuan rumah perayaan ulang tahun keempat Ikatan Dosen Katolik Indonesia (IKDKI), Sabtu (25/11). Perayaan bertema “Mumpuni dan Melayani” ini dilaksanakan di Kampus I Untar.

Perayaan diawali dengan Misa Syukur yang dipimpin Ketua Presidium KWI/Uskup Bandung Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, O.S.C., bersama Wakil Uskup Militer Indonesia Rm. Yos Bintoro dan Rm. Didit Soepartono.

Mgr. Antonius Subianto Bunjamin saat homili

Uskup Antonius berharap IKDKI dapat menjadi lembaga yang mendukung pelayanan dosen, khususnya yang beragama Katolik, dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. 

“Kehidupan generasi muda bergantung pada ajaran yang diberikan para dosen,” ungkap Uskup Antonius.

Secara khusus Uskup Antonius mengucapkan apresiasi kepada Untar yang telah memfasilitasi acara ini.

Di sisi lain, Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng. yang juga menjabat Ketua Umum IKDKI menekankan IKDKI bersedia menjadi mitra seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Rektor berharap IKDKI menjadi rumah dosen Katolik untuk bersinergi dan bekerja sama di dunia pendidikan dalam rangka meningkatkan akreditasi, penelitian, dan pengelolaan operasional perguruan tinggi. Dikatakannya, Untar ingin mendukung IKDKI dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia.

“Meningkatkan generasi muda diperlukan dosen yang berkualitas, maka, Untar bersedia memberi beasiswa dan pelayanan bagi anggota IKDKI yang memiliki keinginan untuk meningkatkan pendidikannya,” ungkap Rektor.

Plt. Dirjen Bimas Katolik A. M. Adiyarto Sumardjono, S.E., M.Hum. mewakili Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas secara khusus mengucapkan selamat kepada IKDKI. Adiyarto berharap IKDKI dapat memberikan ruang eksplorasi bagi para dosen dalam menciptakan kreativitas dan mentransformasikan ilmu pengetahuan di Indonesia.

“Semoga IKDKI terus berkembang dan berkarya bagi pemerintah, Gereja, dan masyarakat,” ungkap Adiyarto.

Dalam acara turut diadakan sesi talk show yang menghadirkan narasumber Direktur Pendidikan Katolik Dirjen Bimas Katolik Kemenag Dr. Salman Habeahan, Rektor Untar, dan Guru Besar Departemen Kriminologi FISIP UI Prof. Drs. Adrianus Eliasta Sembiring Meliala, M.Si., M.Sc, Ph.D. Sementara itu, Rektor Institut Bisnis Nusantara (IBN) Dr. M.F. Christiningrum, Ak., CA sebagai moderator.

Perayaan juga diisi dengan pemberian penghargaan IKDKI Award kepada para dosen dalam sembilan kategori. Beberapa dosen Untar turut menjadi penerima penghargaan tersebut. (VW/AW)

 

Berita terbaru

Agenda

11 Maret Hari Raya Nyepi
12 Maret Awal Puasa
19 Maret Kuliah Umum Bersama KSP RI
20 Maret Untar 4th Career Week