Pilih Laman
Untar dan INTI Kolaborasi Buka Wawasan Internasional untuk Mahasiswa

10 Oktober 2023

Oleh: Admin Pusat

Sebanyak 30 mahasiswa Untar berada di kampus Kampus INTI International University, Malaysia dalam rangka mengikuti program pertukaran mahasiswa. Kegiatan berlangsung selama sepekan ini merupakan implementasi kerja sama Untar dan INTI, sudah berjalan sejak Maret 2023.

Sebelumnya 30 mahasiswa dari INTI mengikuti kegiatan di kampus Untar, Jakarta. Selama di Jakarta, kegiatan mereka diisi dengan mengunjungi beberapa tempat wisata bersejarah dan berbagai perusahaan di antaranya SCTV, Indosiar, dan PT Astra Honda Motor (AHM).

Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari hal baru dari kedua negara, menjelajahi kampus satu sama lain, memperluas jejaring, serta meningkatkan kolaborasi dan toleransi terhadap perbedaan budaya.

“Mahasiswa diberi kesempatan langsung untuk mempelajari hal baru dari kedua negara, menjelajahi kampus satu sama lain, memperluas jejaring, serta meningkatkan kolaborasi dan toleransi terhadap perbedaan budaya,” ungkap Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., A.E.

Mahasiswa dari INTI dan Untar saat sesi membatik

Kegiatan ini selain menjadi bukti kerja sama dua perguruan tinggi yang mewakili negara bertetangga juga memberi banyak pengalaman bagi mahasiswa peserta. Mahasiswa dari kedua kampus belajar langsung mengenai budaya dan lingkungan kerja yang ada di negara masing-masing. Sebagai contoh saat kunjungan di Jakarta, mahasiswa diajak untuk mengenal berbagai kebudayaan Indonesia, seperti bermain angklung dan membatik.

Dok: INTI International University

Hal yang sama, mahasiswa Untar bersama rekannya dari INTI melakukan berbagai kegiatan lokakarya, seperti pengobatan tradisional Cina, videografi, dan Fablab. Selain itu mahasiswa Untar juga diajak mengunjungi tempat-tempat wisata bersejarah dan unik selama di Kuala Lumpur pada 18-23 September lalu.

Salah satu mahasiswa INTI, Lee Jia Ying, mengungkapkan bahwa ia menikmati waktu selama melaksanakan program pertukaran mahasiswa di Jakarta.

“Kami senang telah menjadi bagian dalam program pertukaran ini, kami sangat mengapresiasi Untar. Melalui program ini, kami belajar banyak hal selama satu minggu di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, mahasiswa Untar Valerie Vanora menyampaikan bahwa program ini memberikan kesempatan untuk mempelajari budaya dan sejarah, serta wawasan dan pengalaman baru yang tidak terlupakan.

Head of Programme of INTI International University Joana Jaya secara khusus memberikan apresiasi kepada Untar yang telah menerima mahasiswa INTI di kampus Untar.

“Terima kasih Untar telah menyambut kami dengan penuh kehangatan. Saya harap selain kegiatan ini, kolaborasi Untar dengan INTI dapat berlanjut di berbagai kegiatan lainnya,” sambung Joana.

Empat mahasiswa Heilbronn saat sesi angklung

Selain mahasiswa dari INTI, terdapat empat mahasiswa dari Heilbronn University Germany yang turut dalam program ini. Mereka tengah menjalani perkuliahan selama satu semester di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. (DN/YS/AW)

Berita terbaru

Agenda

21 Feb Perayaan Imlek Untar
26 Feb Awal Semester Genap TA 2023/2024