Pilih Laman
Uji Lendutan Balok, Heri Khoeri Sandang Gelar Doktor

2 Agustus 2023

Oleh: Admin Pusat

Heri Khoeri resmi menyandang gelar Doktor Teknik Sipil Untar dalam sidang terbuka Program Studi Doktor Teknik Sipil Untar, Rabu (2/8) di Auditorium Kampus 1 Untar.

Heri mendapat predikat sangat memuaskan setelah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Estimasi Lendutan Balok dan Pelat Satu Arah dengan Menggunakan Rekaman Data Sensor Percepatan”.

Penelitiannya dilatarbelakangi bahwa pengukuran lendutan dari uji beban dinamik rentan terjadi penyimpangan akibat kondisi awal yang tidak diketahui, masalah pada sensor, serta noise/gangguan pada sinyal.

Sementara itu, Standar Nasional Indonesia menyarankan kapasitas struktur diukur menggunakan uji beban statik, yang membutuhkan tenaga, waktu, dan biaya yang lebih besar dibandingkan uji dinamik.

Dalam dunia teknik, lendutan adalah sejauh mana suatu bagian dari struktur yang mengalami perubahan bentuk searah tekanan yang ditimbulkan dari beban.

Dalam paparannya, Promovendus menyampaikan bahwa penelitiannya bertujuan untuk menentukan metode filtering (penyaringan) dan integrasi untuk perbaikan estimasi lendutan dari data percepatan. 

Lebih lanjut, Promovendus mengungkapkan bahwa metode yang diusulkan dalam penelitiannya adalah metode filter Finite Impulse Response (FIR). Data percepatan yang difilter dengan FIR Equiripple High Pass dapat menghasilkan estimasi lendutan dinamik (absolut maksimum/minimum) 95.5% ± 5.5% terhadap data sensor LVDT.

“Dengan mensubstitusikan konstanta pegas rotasi pada persamaan lendutan statik, diperoleh nilai lendutan estimasi 97.3% ± 3.93% dari lendutan hasil uji statik,” ungkap dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Direktur Utama PT Hesa Laras Cemerlang (HLC) ini

Pada kesempatannya, promotor utama Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D. berharap agar melalui penelitiannya Heri dapat memberikan kontribusi terbaik dalam dunia praktisi dan juga sebagai akademisi.

Sidang diketuai Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng. sebagai penguji internal, bersama dewan penguji Prof. Ir. Roesdiman Sugiarso, M.Sc. Ph.D, Dr. Ir. Najid, M.T., Prof. Dr. Ir. Herman Parung, M.Sc., Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D. yang juga sebagai promotor utama, dan promotor pendamping Dr.-Ing. Jack Widjajakusuma.

Heri Khoeri merupakan lulusan ke-71 Program Studi Doktor Ilmu Teknik Sipil Fakultas Teknik Untar. (DN/AW)



Berita terbaru

Agenda

21 Feb Perayaan Imlek Untar
26 Feb Awal Semester Genap TA 2023/2024