Pilih Laman
Teliti Beban Gempa Vertikal, Toni Hartono Raih Gelar Doktor

30 Januari 2023

Oleh: Admin Pusat

Sidang terbuka Program Studi Doktor Ilmu Teknik Sipil Fakultas Teknik Untar mengukuhkan Toni Hartono Bagio sebagai Doktor Teknik Sipil dengan predikat sangat memuaskan, di auditorium Kampus Untar, Senin (30/1).

Promovendus berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Dinamika Pelat Ortotropis dengan Kondisi Batas Asimetri Akibat Beban Gempa Vertikal yang Dimodelkan sebagai Garis Tunggal dengan Persamaan Polynomial.”

Sidang ini diketuai Rektor Untar Prof. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., AE yang juga sebagai penguji. Sedangkan sebagai promotor utama Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D., didampingi promotor pendamping Dr. Ir. Helmy Darjanto, M.T., penguji internal Prof. Ir. Roesdiman Soegiarso, M.Sc., Ph.D., dan Dr. Ir. Najid, M.T., serta sebagai penguji eksternal Prof. Ir. Binsar Hariandja, M.Eng., Ph.D.

Promovendus berhasil mendapatkan gelar doktor melalui penelitiannya yang berlatar belakang beban plat umumnya menggunakan beban gravitasi yang dianggap sebagai beban terbagi rata.

Menurut Toni, peletakan pelat tidak sesuai, sehingga butuh dikoreksi. Selain itu, diperlukan beban dinamis, yang ditemukan dalam gempa vertikal, perlu ditinjau menggunakan metode ini.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Ir. Helmy Darjanto, M.T. menyampaikan pesan untuk selalu rendah hati karena akan ada banyak tantangan-tantangan yang dihadapi ke depannya. Selain itu, ia berharap keilmuan ini dapat diterapkan demi kemajuan nusa dan bangsa.

Lulus dengan IPK sempurna, yaitu 4.00, Toni Hartono Bagio menjadi lulusan ke-66 Program Studi Doktor Ilmu Teknik Sipil Fakultas Teknik Untar. (VW/AW)