Pilih Laman
Berkarya di Radio Untar, Jessica Hudson Mengimplementasikan Komunikasi Asertif

11 Desember 2021

Oleh: Admin Pusat

Salah satu prospek kerja yang bisa dilakukan oleh lulusan Ilmu Komunikasi adalah menjadi penyiar radio. Untuk dapat mengembangkan bakat mahasiswa yang tertarik di bidang penyiaran, Universitas Tarumanagara memiliki UKM Radio Untar yang sudah berdiri sejak 1971.

Salah satu mahasiswa Fikom Untar yang tertarik dan aktif dalam mengembangkan minatnya di Radio Untar adalah Jessica Hudson, angkatan 2019. Motivasinya dalam mengikuti Radio Untar awalnya adalah karena ia tertarik dengan kegiatan-kegiatan dari Radio Untar, ingin menambah pengalaman dan relasi, serta melatih kepercayaan dirinya.

“Semula saya tidak berani tampil dan berbicara di hadapan banyak orang sehingga saya merasa perlu untuk melawan rasa takut saya dan menantang diri saya sendiri yaitu dengan ikut dalam Radio Untar. Sampai akhirnya setelah dilatih, banyak belajar dan diberi kesempatan melalui Radio Untar, saya sekarang sudah percaya diri dalam tampil dan berbicara di depan banyak orang serta menyukai dunia broadcasting dan penyiaran.” ujarnya.

Selama aktif di Radio Untar, Jessica mendapatkan banyak sekali pengalaman berkesan seperti mendapatkan keluarga baru karena solidaritas setiap anggota Radio Untar yang selalu saling mendukung satu sama lain, dapat meliput berbagai hal, bisa melakukan wawancara dengan berbagai public figure, dan menjadi salah satu penyiar tetap di segmen khusus dan mendapat banyak ilmu mengenai penyiaran.

Selain menjadi lebih percaya diri dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, Fikom Untar juga turut membantunya untuk terus berkembang. Ia berkata, “Ilmu yang saya dapatkan dari Fikom Untar tentunya bagaimana cara membawa diri, berbicara dan berhubungan dengan banyak orang, baik pihak eksternal maupun internal dari Radio Untar dengan berbagai karakteristik yang berbeda-beda. Selain itu, ilmu yang saya dapat dari Fikom Untar juga membantu saya dalam mengimplementasikan komunikasi yang asertif dalam melakukan siaran di Radio Untar.”

“Pesan dan harapan saya kepada seluruh mahasiswa Fikom Untar yaitu jangan takut untuk mencoba hal baru dan berani mengambil kesempatan untuk mengembangkan diri dan bakat yang dimiliki dengan memanfaatkan dan mengimplementasikan ilmu-ilmu yang sudah dipelajari dan didapat dari Fikom Untar. Meskipun tentunya akan banyak tantangan yang dihadapi, tetapi hal tersebut yang akan membentuk kita menjadi versi diri yang lebih baik,” tutupnya (VY).

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar