Pilih Laman
Pengembangan Buku Ajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka

26 Juli 2021

Oleh: Admin Pusat

Materi atau bahan pembelajaran merupakan entitas yang harus dipelajari peserta didik dalam waktu yang telah ditentukan. Materi ini dapat berbentuk teori, konsep, rumusan, pengetahuan, hingga lainnya. Menurut National Centre for Competency Based Training (2007), bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu pengajar dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Tujuan dari penyusunan bahan ajar adalah:

1. Menyajikan bahan ajar yang bisa sesuai dengan kebutuhan siswa yang harus sesuai dengan kurikulum. Selain itu bahan ajar juga harus menyesuaikan diri dengan sifat dan lingkungan siswa berasal (latar belakang).

2. Meringankan beban pengajar dalam menjalankan aktivitas pembelajaran.

3. Mempermudah siswa agar bisa mendapatkan bahan ajar alternatif selain dari sumber di sekolah seperti buku dan teks yang sulit didapat.

Memahami pentingnya bahan ajar, pada 26 Juli 2021, Fikom Untar mengadakan Workshop Center of Excellence (CoE) dengan tema “Pengembangan Buku Ajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka” yang diadakan khusus untuk Dosen Koordinator di Fikom Untar.

Pembicara pada acara ini adalah Dekan Fikom Untar, Dr. Riris Loisa, M.Si. Beliau menyampaikan kiat-kiat dalam menyusun buku ajar agar setiap dosen koordinator dapat dipermudah proses pembuatannya. Kaprodi Sinta Paramita, S.I.P., M.A. pun berkata, “Melalui workshop ini, kita mengetahui kaidah penulisan buku ajar yang spesifik dan sesuai dengan ketentuan buku ajar. Semoga para mahasiswa bisa memanfaatkan buku ajar untuk menunjang perkuliahan mereka.” (CA)

Berita terbaru

Agenda

1 Okt Dies Natalis ke-63 Untar
3 Okt Research Week Untar
7 Okt Seminar Kebudayaan
7 Okt Pagelaran Wayang
15 Okt Wisuda ke-80 Untar